Skip to content
Home » Blog » Tips Pemenuhan Nutrisi Pada Ibu Hamil yang Bekerja

Tips Pemenuhan Nutrisi Pada Ibu Hamil yang Bekerja

Hamil

SiapDOK – Kesibukan bunda sebagai wanita karier jangan sampai mempengaruhi calon buah hati! Ini dia tips pemenuhan nutrisi pada ibu hamil yang bekerja.

Bunda harus tahu, menjaga kesehatan calon buah hati tidak hanya dengan rutin cek kandungan dan meminum vitamin saja loh! Asupan makanan sehat dan bergizi menjadi tiang utama demi mengoptimalkan perkembangan janin.

Selama masa kehamilan, bunda mungkin akan merasakan banyak perubahan fisik dan hormon. Nafsu makan bisa jadi akan sangat terpengaruh akibat mual dan muntah, tetapi jangan sampai tidak makan sama sekali ya. Ingat, bahwa calon buah hati memerlukan pemenuhan gizi lengkap sejak dalam kandungan hingga ia lahir ke dunia.

Berikut adalah daftar pemenuhan nutrisi yang harus bunda perhatikan dengan seksama:

  • Protein

Selama kehamilan, tubuh bunda sangat membutuhkan produksi darah dua kali lipat dari biasanya. Protein akan berperan meningkatkan suplai darah, sehingga mendukung perkembangan otak janin.

Asupan protein yang wajib dipenuhi bunda adalah 75-100 gram per hari. Kebutuhan protein dapat bunda penuhi melalui produk daging sapi, ayam, ikan, telur, susu, dan kacang-kacangan.

  • Karbohidrat

Karbohidrat menjadi sangat penting bagi bunda yang juga seorang wanita karier, karena ia akan menjadi sumber energi dalam menjalani aktivitas. Dengan memenuhi kebutuhan karbohidrat, bunda dapat menjaga metabolisme tetap lancar sehingga tidak mudah lelah.

Produk dengan kandungan karbohidrat yang dapat mencukupi kebutuhan bunda antara lain nasi merah, roti gandum, dan kentang.

  • Lemak

Tahukah bunda? Lemak tidak selamanya jahat loh! Bagi ibu hamil, lemak akan berperan mendukung perkembangan mata dan otak janin. Apalagi bunda yang bekerja perlu memelihara kondisi plasenta dan cairan ketuban selama 9 bulan.

Produk lemak yang baik untuk bunda konsumsi yaitu dari kacang-kacangan dan buah alpukat.

  • Serat

Sudah menjadi rahasia umum bila pada trimester pertama, bunda biasanya mengalami sembelit yang tentu mengganggu aktivitas pekerjaan. Serat akan membantu memperlancar gerakan peristaltik usus hingga BAB terasa lebih lancar.

Bunda dapat mengonsumsi serat melalui sayuran hijau, oatmeal, dan kacang-kacangan seperti almond.

  • Zat Besi

Zat besi berfungsi sebagai produsen sel darah merah yang akan sangat dibutuhkan bunda sebagai wanita karier. Akan sangat berbahaya apabila bunda sampai mengalami anemia selama periode kehamilan.

Zat besi juga bisa menjadi pasokan oksigen tambahan bagi janin yang dapat diperoleh dengan mudah melalui daging merah tanpa lemak seperti ayam dan ikan. Zat besi juga dapat ditemukan melalui sayur-sayuran hijau.

  • Asam Folat

Agar calon buah hati terlahir dengan keadaan sehat tanpa kekurangan, bunda wajib memenuhi kebutuhan asam folat. Selain itu, asam folat juga akan mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan seperti keguguran dan kelahiran prematur.

Produk dengan kandungan asam folat yang bisa bunda dapatkan adalah buah-buahan seperti jeruk, lemon, mangga, melon, stroberi, dan kiwi.

  • Kalsium

Tulang dan gigi janin akan sangat membutuhkan kalsium untuk bertumbuh dan berkembang. Tidak hanya itu saja, bunda juga dapat mencegah tekanan darah tinggi saat kehamilan dengan asupan kalsium.

Pemenuhan gizi kalsium dapat bunda konsumsi melalui produk susu, yoghurt, keju, dan ikan salmon.

  • Vitamin A, C, B6, B12, D

Bunda pasti akan sangat membutuhkan vitamin demi menjaga kebugaran tubuh dan kesehatan janin. Bunda dapat mengkonsumsi berbagai sayuran dan buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan vitamin.

  • Kolin

Lelah bekerja pada ibu hamil juga bisa menjadi penyebab darah tinggi selama kehamilan loh bunda! Tetapi bunda tidak perlu khawatir, kolin akan menyelesaikan permasalah di atas bagi bunda dan calon buah hati.

Kolin dapat diperoleh bunda melalui produk seperti telur, ikan salmon, ayam, dan brokoli.

  • Yodium

Yodium sangat penting untuk menjaga sistem saraf janin dan mencegah stunting (pertumbuhan lambat) pada calon buah hati. Unsur kimia ini dapat bunda peroleh dengan mudah melalui yoghurt, susu sapi, keju, dan ikan cod.

Itu dia bunda, tips pemenuhan nutrisi pada ibu hamil yang bekerja. Bunda memiliki pertanyaan lebih lanjut dan ingin berkonsultasi langsung dengan dokter? SiapDOK hadir untuk memenuhi kebutuhan bunda melalui telekonsultasi yang tersedia melalui aplikasi.

Terintegrasi dengan RSCM, bunda tidak perlu khawatir akan jaminan dan layanan yang diberikan oleh SiapDOK. Yuk, download aplikasi SiapDOK melalui Google Playstore atau App Store dan rasakan pengalaman telekonsultasi yang aman dan praktis!

(Anneke Virna Murdoko)