Skip to content
Home » Blog » Yuk Ketahui Gejala Dini Penyakit Jantung Bawaan

Yuk Ketahui Gejala Dini Penyakit Jantung Bawaan

Sumber gambar: Pinterest

SiapDOK – Seringkali kita salah mengartikan penyakit jantung sejak lahir sebagai akibat keturunan, padahal penyakit jantung tidak disebabkan oleh keturunan.

Dokter Piprim Basarah Yanuarso, Sp.A(K) mengatakan bahwa penyakit jantung bawaan tidak berasal dari keturunan karena ia dialami oleh janin pada trimester pertama hingga kelahirannya ke dunia.

Dikutip dari jurnal RSUP Djamil Padang, penyakit jantung bawaan dapat dialami oleh siapa saja dengan kasus di Indonesia mencapai kurang lebih 150 ribu kasus per tahun.

“Kemungkinan anak memperoleh penyakit jantung ketika orang tuanya memiliki penyakit jantung sangatlah kecil” ungkap Dokter Piprim pada Instagram Live @rscm.official pada Senin (27/09).

Penyakit jantung bawaan juga dapat disebut sebagai cacat lahir sebagai akibat jantung yang tidak dapat berkembang secara sempurna. Beberapa jenis penyakit jantung bawaan yang dapat dirangkum oleh SiapDOK antara lain:

  1. Kelainan Katup

Jantung terganggu akibat katup yang tidak dapat menutup dengan sempurna sejak lahir. Adapun penyakit jantung bawaan yang tergolong dalam jenis kelainan katup ada tiga, yakni Tricuspid Atresia, Pulmonary Atresia, dan Stenosis Katup Aorta.

Tricuspid Atresia terjadi kala katup tidak dapat membentuk untuk menyekat serambi dan bilik kanan. Sedangkan Pulmonary Atresia terjadi kala katup bilik kanan dan paru-paru mengalami gangguan yang menyebabkan tersumbatnya aliran darah ke paru-paru. Terakhir, Stenosis Katup Aorta terjadi kala katup bilik kiri dan aorta mengalami kecacatan sehingga ia menyempit dan mengakibatkan jantung sulit memompa darah.

  1. Kelainan Dinding Jantung

Pada kondisi ini, darah berkumpul tidak pada tempat yang seharusnya sebagai efek kelainan dinding pembatas atrium dan ventrikel pemompaan jantung.

Contohnya adalah Defek Septum Ventrikel atau lubang pada dinding bilik atau atrium jantung. Selain itu juga ada Tetralogy of Fallot atau penyempitan katup paru-paru yang terjadi karena empat jenis kelainan jantung yang bersamaan.

  1. Kelainan Pembuluh Darah

Kelainan bisa saja terjadi pada pembuluh arteri maupun pembuluh vena jantung yang berujung pada hambatan aliran darah ke jantung. 

Di samping tiga jenis di atas, penyakit jantung bawaan biasanya juga dibagi dalam dua kategori yaitu sianotik dan asianotik. Penderita sianotik akan mengalami kesulitan bernapas dan semburat biru karena kadar oksigen yang sangat rendah dalam darah. Berbeda dari penderita asianotik yang tidak mengalami gejala di atas.

Lalu, bagaimana gejala dini penyakit jantung bawaan pada buah hati? Berikut beberapa ulasan menurut dr. Piprim Basarah Yanuarso, Sp.A(K) yang dikutip dari Instagram Live @rscm.official:

  1. Mengalami sianosis atau semburat kebiruan pada bibir, kulit, dan jari
  2. Kerap terlihat kelelahan atau sulit bernapas saat disusui
  3. Berat badan cenderung di bawah normal
  4. Mengalami keterlambatan pertumbuhan badan
  5. Mengalami pembengkakan di area tungkai kaki, perut, dan sekitar mata
  6. Kerap mengalami keringat dingin tanpa sebab

Pada beberapa kasus, gejala di atas bisa jadi baru muncul bertahun-tahun setelah bayi lahir atau bahkan saat menginjak usia remaja.

Apabila melihat gejala di atas, Sobat Sehat dapat segera melakukan konsultasi dengan dokter agar segera mendapatkan penanganan yang tepat. SiapDOK dapat menjadi salah satu solusi yang menawarkan telekonsultasi bagi Sobat Sehat dan buah hati.

Sobat Sehat bisa mendapatkan pelayanan yang cepat, praktis, dan aman dari SiapDOK dengan ratusan dokter umum dan spesialis yang telah memiliki sertifikasi. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk #PercayakanDoktermu, download aplikasi SiapDOK melalui Google Playstore atau App Store!

(Anneke Virna Murdoko)