Skip to content
Home » Blog » Akupuntur Dapat Menurunkan Berat Badan Secara Efektif

Akupuntur Dapat Menurunkan Berat Badan Secara Efektif

Akupuntur

Sumber: Pinterest

SiapDOK – Tak banyak yang tahu, akupuntur, salah satu teknik pengobatan tradisional Cina ini dapat menurunkan berat badan.

Kelebihan berat badan kerap menjadi masalah bagi mayoritas masyarakat Indonesia. Berbagai program diet dan olahraga rela dijalani demi mencapai berat badan yang ideal. Namun, apa jadinya bila sobat sehat dapat menurunkan berat badan hanya melalui akupuntur?

Mengenal Akupuntur

Akupuntur adalah teknik pengobatan tradisional dari negeri Tirai Bambu yang bertujuan meningkatkan kesehatan secara alami. Jarum khusus akan dimasukkan ke dalam kulit agar dapat merangsang titik-titik tertentu. Hal ini dilakukan demi menyeimbangkan energi aliran Qi dalam tubuh.

Tradisi Cina menganggap aliran Qi sebagai energi utama dalam tubuh manusia, sehingga akan terdapat banyak masalah tubuh yang dapat diobati dengan teknik ini, salah satunya adalah menurunkan berat badan.

Akupuntur untuk Menurunkan Berat Badan

Filosofi Cina meyakini bahwa kelebihan berat badan adalah bentuk ketidakseimbangan tubuh. Dalam hal ini, ketidakseimbangan terjadi pada energi yang mengalir dari otak maupun menuju otak atau disebut juga sebagai hypothalamus.

Pada dasarnya, akupuntur hanya mendukung penurunan berat badan dalam melaksanakan diet. Seperti halnya mengendalikan nafsu makan, meningkatkan metabolisme tubuh, memperbaiki fungsi pencernaan, dan mengontrol hormon yang berkaitan dengan obesitas.

Sebuah riset terbitan Medical Acupuncture membuktikan kesuksesan penurunan berat badan melalui kombinasi akupuntur dengan diet 2000 kalori dan jalan kaki 15 menit setiap hari.

Laporan di atas memuat penurun berat badan dengan cara sebagai berikut:

  • Menambah metabolisme tubuh
  • Menurunkan nafsu makan
  • Menghilangkan stress

“Ada 4 titik yang akan ditusuk jarum untuk menurunkan berat badan, yaitu di telinga, titik Shen Men, titik perut dan titik endokrin. Beberapa jarum steril kecil akan dimasukkan di titik-titik itu lalu dihangatkan agar menstimulasi tubuh mengeluarkan neurochemical dan hormon” ujar dr. Kemas dari live Instagram RSCM Kencana Official.

Cara ini terbukti efektif menurunkan berat badan apabila dikombinasikan dengan metode diet lainnya. Namun, perlu diingat bahwa akupuntur hanya menjadi usaha tambahan untuk merangsang fungsi tubuh agar lebih bereaksi pada usaha utama. 

Efek Samping 

Meskipun akupuntur terdengar menarik untuk dipraktekkan dalam menurunkan berat badan, tetapi faktanya ia juga dapat menimbulkan berbagai efek samping yang cukup serius seperti infeksi bahkan cedera sistem saraf pusat. Oleh karena itu, orang yang melakukan cara ini haruslah sudah tersertifikasi dan tidak boleh asal-asalan.

Jarum yang digunakan untuk praktik pun juga harus disterilkan terlebih dahulu sebelum pemakaian. Hal ini dilakukan demi mencegah penyakit menular yang tidak diinginkan.

Gimana nih sobat sehat? Tertarik untuk mencoba akupuntur demi mewujudkan berat badan ideal?

Sobat sehat dapat mengonsultasikannya dengan para ahli yang terpercaya dan tersertifikasi dalam bidangnya melalui telekonsultasi SiapDOK. Terintegrasi dengan RSCM, sobat sehat tidak perlu khawatir akan jaminan keamanannya. Yuk #PercayakanDoktermu, download aplikasi Smart RSCM melalui Google Playstore atau App Store!

(Anneke Virna Murdoko)