Skip to content
Home » Blog » Punya Vertigo ? Ketahui Penanganannya!

Punya Vertigo ? Ketahui Penanganannya!

Vertigo
Gambar: Regional Neurological Associates

SiapDOK – Vertigo merupakan sebuah gejala (bukan sebuah kondisi) dimana terdapat sensasi bahwa Sobat Sehat, atau lingkungan di sekitar, bergerak atau berputar.

Perasaan ini mungkin hampir tidak terlihat, atau mungkin sangat parah sehingga terasa sulit untuk menjaga keseimbangan dan melakukan tugas sehari-hari.

Gejala ini dapat terjadi secara tiba-tiba dan berlangsung selama beberapa detik, atau dapat berlangsung lebih lama.

Jika mengalami vertigo parah, gejala mungkin akan konstan dan berlangsung selama beberapa hari, membuat kehidupan normal menjadi sangat sulit.

Gejala lain yang terkait dengan vertigo mungkin termasuk :

  • Kehilangan keseimbangan, yang dapat membuat sulit untuk berdiri atau berjalan
  • Merasa sakit atau benar – benar sakit
  • Pusing

Apabila Sobat Sehat merasa memiliki salah satu dari gejala diatas, maka sebaiknya perlu dikonsultasikan kepada seorang dokter.

Untungnya aplikasi SiapDOK, menyediakan pelayanan telekonsultasi kesehatan yang menghubungkan pasien dengan dokter berkualitas pada rumah sakit yang dipilih. Merupakan sebuah aplikasi yang aman, konfidensial (rahasia), dan mudah untuk digunakan.

Penyebab dari Vertigo

Terdapat beberapa faktor yang memiliki kemungkinan dapat menyebabkan Vertigo, yaitu :

  • BPPV (Benign Paroxysmal Positional Vertigo), di mana gerakan kepala tertentu memicu vertigo
  • bagian dari Penyakit Migrain berupa sakit kepala berdenyut berulang
  • Labirinitis, infeksi telinga bagian dalam
  • Neuronitis vestibular, radang saraf vestibular, yang mengalir ke telinga bagian dalam dan mengirimkan pesan ke otak yang membantu mengontrol keseimbangan

Penanganan Vertigo

Terdapat beberapa kasus dimana seseorang membaik seiring waktu tanpa pengobatan. Namun, beberapa orang mengalami gejala secara berulang selama berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun.

Terdapat penanganan khusus untuk beberapa penyebab vertigo. Serangkaian gerakan kepala sederhana (dikenal sebagai manuver Epley) digunakan untuk mengobati BPPV.

Obat-obatan, seperti proklorperazin dan beberapa antihistamin, dapat membantu pada tahap awal atau sebagian besar kasus.

Banyak orang dengan vertigo juga mendapat manfaat dari pelatihan rehabilitasi vestibular (VRT), yang merupakan serangkaian latihan untuk orang dengan masalah pusing dan keseimbangan.

Perawatan Mandiri Terhadap Vertigo

Tergantung kepada apa yang menyebabkan vertigo Sobat Sehat, ada beberapa hal yang dapat dilakukan secara mandiri untuk membantu meringankan gejala.

Seorang dokter mungkin akan menyarankan pasiennya untuk :

  • Melakukan latihan sederhana untuk memperbaiki gejala
  • Tidur dengan kepala sedikit terangkat di atas dua bantal atau lebih
  • Bangun secara perlahan ketika bangun dari tempat tidur dan duduk di tepi tempat tidur selama satu menit atau lebih sebelum berdiri
  • Menghindari membungkuk ketika mengambil barang
  • Menhindari memanjangkan leher. Misalnya, sambil meraih rak yang tinggi gerakkan kepala dengan hati-hati dan perlahan selama aktivitas sehari-hari
  • Lakukan latihan yang memicu gejala, sehingga otak Anda terbiasa dan mengurangi gejalanya (lakukan ini hanya setelah memastikan tidak jatuh, dan memiliki dukungan jika diperlukan)

Jadi tunggu apa lagi ? Segera unduh aplikasi SiapDOK untuk mulai konsultasi mengenai kesehatan anda kepada dokter profesional.

(Riestario Kurnia Thodiansyah)