Skip to content
Home » Blog » Kepala Peyang pada Bayi, Perlukah Khawatir ?

Kepala Peyang pada Bayi, Perlukah Khawatir ?

SiapDOK
Gambar: MomJunction

SiapDOKFlat Head Syndrome atau yang biasa dikenal dengan nama kepala peyang biasanya terjadi ketika bayi tidur dengan kepala menghadap ke sisi yang sama selama bulan-bulan pertama kehidupannya. Hal ini menyebabkan titik datar, baik di satu sisi atau bagian belakang kepala.

Maka bagaimana cara penanganannya apabila bayi kita memiliki kepala peyang ? Simak penjelasannya di artikel ini.

Mencari Tau Penyebabnya

Menurut Dr.  Prasetyanugraheni Kreshanti, Sp.BP-RE(KKF), Pertama – tama kita harus mencari tahu terlebih dahulu penyebab dari kepala peyang pada bayi kita, Karena walaupun bisa saja terlihat peyang karena posisi tidur, terdapat kemungkinan adanya kesalahan dalam pertumbuhan tulang tengkorak.

Apabila sambungan – sambungan yang membentuk tulang tengkorak menyatu sebelum seharusnya, maka pertumbuhan tulang tengkorak menjadi terhambat.

Maka cara untuk mengetahui apakah sambungan – sambungan menyatu sebelum seharusnya atau tidak adalah dengan meraba.

Apakah Kepala Peyang akan Berpengaruh Kepada Perkembangan Bayi ?

Tentu kita bisa mengamati secara pribadi dahulu bagaimana pertumbuhan dari anak kita yang memiliki kepala peyang daripada dengan bayi lain yang seumurnya. Konsultasi kepada dokter professional tentu menjadi opsi yang sangat disarankan.

Dan apabila Sobat Sehat ingin berkonsultasi dengan seorang dokter dengan mudah dan aman, bisa dengan mengunduh aplikasi SiapDOK dan segera melakukan konsultasi.

Penanganan Terapi Kepala Peyang

Rujukan kepada seorang dokter untuk melakukan rehabilitasi medik untuk membantu pembentukan tulang tengkorak dengan helm khusus tentu bisa dilakukan.

Untuk beberapa kejadian tertentu, operasi juga bisa dilakukan untuk pemasangan alat membantu pembentukan seperti sekrup dan spring (per). Adapun untuk kasus lanjut apabila anak sudah cukup besar yaitu dengan melakukan pembedahan dimana tulang akan diatur secara permanen dengan jahitan.

Pencegahan Kepala Peyang

Menurut Dr.  Prasetyanugraheni Kreshanti, Sp.BP-RE(KKF), Terdapat langkah pencegahan untuk kepala peyang yang bisa kita lakukan. Yaitu seperti :

  1. Merubah – rubah posisi tidur anak agar posisi tulang tengkorak tidak menetap di suatu posisi tertentu, mungkin hari ini posisinya bisa miring ke kiri dan besok posisinya miring ke kanan.
  2. Gendong bayi secara lebih sering, sehingga membatasi waktu yang dihabiskan oleh anak untuk berbaring telentang atau dengan kepala bersandar pada permukaan yang rata.
  3. Ajari anak untuk tengkurap. Sediakan banyak waktu untuk mengawasi agar bayi Sobat Sehat berbaring tengkurap saat terjaga di siang hari. Ini akan membantu :
    1. Membentuk bagian belakang kepala secara normal
    2. Mendorong bayi belajar dan menemukan dunia
    3. Membantu bayi memperkuat otot leher mereka dan belajar mendorong lengan mereka. Ini membantu mengembangkan otot yang dibutuhkan untuk merangkak dan duduk.

Jadi apabila Sobat Sehat memiliki kekhawatiran terhadap kesehatan dari bayi, maka bisa langsung mengundung aplikasi SiapDOK untuk segera mulai melakukan konsultasi secara aman, nyaman, dan terjamin!

(Riestario Kurnia Thodiansyah)