Skip to content
Home » Kehamilan? Ini Dia Tips Meningkatkan Keberhasilan Untuk Pasutri!

Kehamilan? Ini Dia Tips Meningkatkan Keberhasilan Untuk Pasutri!

Kehamilan

Tips Kehamilan

Sumber: FK UI

SiapDOK – Kabar kehamilan tentu akan sangat menggembirakan bagi pasangan suami istri. Tak jarang, pasutri berusaha untuk melakukan apapun demi mendapatkan momongan.

Lantas, bagaimanakah cara untuk meningkatkan peluang kehamilan? Yuk, cari tahu jawabannya, di sini!

Cara Meningkatkan Peluang Kehamilan

Kehamilan dapat terjadi karena terjadi pembuahan pada rahim wanita, dan terdapat beberapa faktor yang bisa meningkatkan peluang hamil. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan bersama pasangan:

  • Rutin Berhubungan Intim

Untuk meningkatkan peluang kehamilan, masa subuh wanita merupakan waktu yang tepat. Pada masa ini, proses pembuahan  lebih tinggi dibandingkan lainnya sehingga memberikan peluang wanita untuk hamil lebih besar.

Namun, bukan berarti sobat sehat dan pasangan hanya perlu melakukan hubungan intim pada masa subur saja.

Hindari pembatasan waktu berhubungan seksual agar potensi kehamilan cukup besar. Terlalu sering melakukan hubungan intim dapat memberi efek samping, tetapi tidak terlalu sering bahkan bisa menurunkan peluang kehamilan.

Selain itu, sering melakukan hubungan intim bisa membantu pria meningkatkan produksi sperma yang lebih sehat dan aktif.

  • Mengonsumsi Makanan Sehat

Tak hanya wanita, tingkat kesuburan pria juga menentukan keberhasilan program hamil. Bagi para suami, cobalah untuk mengonsumsi jenis makanan tertentu untuk membantu meningkatkan kesuburan. Misalnya, sayur-sayuran dan buah-buahan yang kaya akan vitamin dan mineral. Seperti, wortel, mangga, dan alpukat.

Ada beberapa makanan yang dianjukan agar mempercepat kehamilan, salah satunya adalah ikan. Kandungan omega 3 yang terdapat dalam ikan daat mengoptimalkan kinerja reproduksi. 

  • Olahraga Teratur

Gaya hidup yang dijalankan ternyata bisa mempengaruhi peluang pasangan untuk memperoleh kehamilan. Salah satu caranya adalah menjaga kebugaran dan kesehatan dengan olahraga rutin dan teratur.

  • Istirahat Cukup

Istirahatlah yang cukup karena dengan waktu istirahat yang tercukupi dapat meningkatkan kesuburan reproduksi. Untuk itu, hindari kebiasaan kurang tidur agar tetap sehat dan subut.

  • Menjaga Berat Badan Proporsional

Salah satu faktor sulitnya wanita untuk hamil adalah berat badan yang kurang proporsional. Kelebihan atau kekurangan berat badan juga dapat menyebabkan sejumlah gangguan kehamilan. Untuk itu, pastikan sobat sehat mengontrol berat badan dengan baik.

  • Pemeriksaan Kesehatan

Ada baiknya untuk mengajak pasangan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh. Hal ini bertujuan untuk mengatasi gangguan kesehatan yang dapat berpengaruh pada proses pembuahan. 

Sobat sehat memiliki masalah dan gangguan kesehatan atau gangguan? ingin berkonsultasi dengan dokter tetapi terkendala jarak dan waktu? SiapDOK jawabannya!

Sobat Sehat dapat mendapatkan pelayanan konsultasi kesehatan dari dokter-dokter spesialis bersertifikat. Jadi, tunggu apa lagi?  #PercayakanDoktermu di SiapDok! 

(Anneke Virna Murdoko)

Ditinjau oleh: dr. Henry Riyanto Sofyan, Sp.S