Skip to content
Home » RS Dharmais, Pusat Kanker Terbaik di Indonesia!

RS Dharmais, Pusat Kanker Terbaik di Indonesia!

RS Dharmais

Sumber: tarif.id

SiapDok – Halo Sobat Sehat! Apakah kamu sudah mengetahui dimana pusat kanker terbaik di Indonesia? Jawabannya ada pada RS Dharmais.

Rumah sakit ini terletak di daerah yang cukup strategis, yaitu pada Jalan Letjen. S. Parman No.84, Palmerah, Jakarta Barat. Tepat di samping jalan tol dalam kota.

Sejarah RS Dharmais

RS Dharmais awalnya merupakan sebuah yayasan yang bernama Dharmais yang pada tahun 1988 dipimpin oleh Presiden Soeharto. Karena banyaknya penderita kanker di Indonesia, dengan inisiatif dari Ibu Tien Soeharto, maka rumah sakit ini dibangun.

Pembangunan dimulai pada Mei 1991 dan selesai pada tanggal 5 Juli 1993. Lalu pada tanggal 30 Oktober 1993 rumah sakit ini akhirnya diresmikan.

Pembangunan tersebut juga melibatkan para ahli di bidangnya seperti Prof. Dr. dr. Arry Harryanto Reksodiputro, Sp.PD.KHOM, para pakar kesehatan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dan Departemen Kesehatan.

rumah sakit satu ini menjadi pusat kanker terbaik di Indonesia karena memiliki unit pelayanan lengkap, salah satunya adalah unit pelayanan paliatif.

Unit pelayanan paliatif dibutuhkan bagi pasien yang sudah tidak mungkin disembuhkan dengan pengobatan. Anggota unit pelayanan paliatif terdiri atas dokter-dokter ahli, ahli spiritual, dan sebagainya.

Visi-Misi RS Dharmais

Sebagai pusat kanker terbaik di Indonesia memiliki tujuan untuk selalu mewujudkan sasaran strategis yang berkaitan dengan peningkatan ketersediaan dan mutu fasilitas pelayanan kesehatan.

Di sisi lain, diharapkan mampu berperan secara optimal dalam penanganan kanker secara menyeluruh. Oleh karenanya rumah sakit ini memiliki visi “Menjadi Caring and Smart National Cancer Center”.

Untuk mewujudkan visi tersebut, ada beberapa visi yang diusung, yaitu:

  1. Memberikan pelayanan kanker komprehensif berbasis bukti terkini, Good Clinical Governance, Patient Safety dan Patient Care Center.
  2. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan di bidang kanker.
  3. Menyelenggarakan penelitian di bidang kanker yang dapat diterapkan dalam pelayanan.
  4. Menyelenggarakan registrasi kanker berbasis rumah sakit dan berbasis populasi sebagai Pusat Data Beban Kanker Nasional.

Spesialisasi di RS Dharmais

RS Dharmais memiliki setidaknya 31 cabang spesialis. Tidak hanya melayani penyakit seputar kanker saja namun juga dapat melayani penyakit yang berkaitan dengan organ-organ dalam seperti jantung, ginjal, lambung, dan sebagainya.

Diantara spesialisasi yang tersedia adalah sebagai berikut:

1. Spesialis Anestesi

Anestesi merupakan suatu tindakan penghilangan rasa sakit sebagai tahap awal dari tindakan medis yang lebih besar.

2. Spesialis Paru

Kanker paru-paru menjadi masalah kesehatan yang sering terjadi di Indonesia. rumah sakit spesialis kanker ini  memberikan solusi terhadap masalah ini.

3. Spesialis Syaraf

Kanker yang menjalar di tubuh mungkin saja mengganggu sistem saraf penderitanya. Oleh karena itu rumah sakit itu juga menyediakan spesialis saraf untuk dilakukan pengobatan.

4. Spesialis Kulit

Sel kanker juga dapat menyerang kulit karena aktivitas seseorang yang terlalu sering terpapar radiasi sinar ultraviolet. RS Dharmais menyediakan layanan spesialis kulit untuk mengobati penyakit yang menyerang kulitmu.

5. Spesialis Penyakit Dalam Alergi dan Imunologi

Komplikasi penyakit dalam akibat kanker dapat menimbulkan masalah pada sistem imun. Rumah sakit kanker ini siap menangani keluhanmu melalui cabang spesialisasi ini.

6. Spesialis Radiodiagnostik

Dalam rangkaian pemeriksaan gangguan kesehatan terkadang dibutuhkan radiodiagnostik. RS Dharmais telah memilikinya untuk membantu penyembuhan penyakitmu.

7. Spesialis Radiologi

Diagnosa medis yang mendalam tentunya membutuhkan ahli dalam bidang radiologi. RS Dharmais tentu memiliki fasilitas ini sebagai perwujudan pusat kanker terbaik di Indonesia.

8. Spesialis Urologi

Masalah yang bisa ditangani di spesialisasi ini salah satunya adalah penyakit akibat kanker prostat. Kamu juga bisa datang ke rumah sakit apabila mengalami masalah pada saluran kemihmu.

9. Spesialis THT

Kanker tenggorokan juga merupakan masalah kesehatan yang sering terjadi akibat pola hidup yang tidak sehat. rumah sakit spesialis kanker dharmais dapat melayani keluhan gangguan kesehatan tenggorokanmu pada cabang spesialisasi ini.

10. Spesialis Mata

Kanker mata marak terjadi pada anak-anak. RS Dharmais dengan spesialis matanya siap menangani gangguan kesehatan pada mata yang kamu alami.

Harga PET di RS Kanker Dharmais

RS Dharmais telah memiliki alat yang bernama Positron Emission Tomography Scan atau yang disingkat dengan PET Scan. Alat canggih ini mampu menampilkan citra tiga dimensi dari organ tubuh yang lebih akurat jika dibandingkan dengan MRI.

Adapun biaya untuk melakukan PET Scan di RS Dharmais berkisar antara Rp 6 juta hingga Rp 8 juta saja. Harga tersebut jauh lebih murah jika dibandingkan dengan biaya PET Scan di Singapura misalnya yang mencapai Rp15 juta.

Biaya Kemoterapi 

Seperti yang Sobat Sehat ketahui, kemoterapi merupakan tahapan pengobatan yang sering dilakukan oleh penderita kanker. RS Dharmais tentunya juga memiliki fasilitas untuk melakukan kemoterapi.

Menurut Dirut RS Dharmais, Abdul Kadir, menjelaskan bahwa biaya untuk satu tahap kemoterapi membutuhkan biaya sekitar Rp 20 juta 

Pasien penderita kanker biasanya akan menjalankan sekitar enam tahap untuk kemoterapi, sehingga biaya yang dibutuhkan untuk seluruh tahapnya adalah sekitar Rp 120 juta.

Tujuan dari kemoterapi adalah untuk menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker. Kemoterapi menggunakan obat-obatan yang tersebar ke seluruh tubuh bahkan sampai ke bagian yang terjauh.

Bisakah Bayar Pengobatan dengan BPJS?

RS Dharmais memfasilitasi pasien penderita kanker yang ingin berobat dengan menggunakan kartu asuransi kesehatan seperti BPJS.

Bagi Sobat Sehat yang ingin berobat dengan menggunakan BPJS, maka ada beberapa syarat yang kamu harus penuhi khususnya bila kamu merupakan pasien baru. Diantara syarat-syarat tersebut adalah:

  1. Memiliki kartu peserta BPJS yang asli.
  2. Memiliki KTP dan Kartu Keluarga (KK).
  3. Memiliki surat rujukan seperti dari dokter praktek, klinik, ataupun puskesmas yang telah bekerjasama dengan BPJS.
  4. Melampirkan surat rujukan asli dari RSU atau RSUD yang ditujukan kepada RS Dharmais
  5. Memiliki surat rujukan menggunakan BPJS secara online dari rumah sakit perujuk seperti RSU atau RSUD yang ditujukan kepada RS Dharmais.
  6. Melampirkan hasil Patologi Anatomi ataupun hasil penunjang lainnya yang menyatakan bahwa kamu mengidap kanker.

Syarat-syarat tersebut tentunya merupakan syarat umum yang juga diberlakukan di rumah sakit lainnya, sehingga dapat dikatakan bahwa syarat-syarat yang ditentukan sudah cukup mudah.

(Muhammad Rifqi Athallah)

Referensi:

Besut Daryanto dan Taufiq Nur Budaya. 2020. Kemoterapi Kanker Urogenital.

RS Kanker Dharmais. Diakses pada 2022. Company Profile RS Kanker Dharmais. https://www.youtube.com/watch?v=rNbH1i7La7M