Skip to content

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Home » Akupuntur: Pengertian, Manfaat, dan Efek Samping

Akupuntur: Pengertian, Manfaat, dan Efek Samping

  • by

Akupuntur atau akupunktur adalah sebuah praktik pengobatan tradisional dari China dengan cara menusuk bagian tubuh tertentu menggunakan jarum metalik tipis namun tetap kuat.

Di negara asalnya, dulu bukanlah jarum yang digunakan untuk menusuk bagian tubuh melainkan menggunakan tulang yang sudah ditajamkan.

Apa itu Akupuntur?

Akupuntur

Gambar: freepik

Teknik pengobatan tradisional dari negara China ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan secara alami.

Jarum akupuntur memiliki ketebalan yang sangat tipis dan nantinya akan ditusuk di bagian tubuh tertentu yang biasa disebut sebagai titik akupuntur. Praktisi atau ahli akupuntur di Indonesia disebut sebagai Akupunktur Terapis

Pengobatan menggunakan teknik akupuntur telah mendapatkan izin resmi dari Kementerian Kesehatan yang tercantum dalam Permenkes No. 34 Tahun 2018 tentang Izin Dan Penyelenggaraan Praktik Akupunktur Terapis.

Cara Kerjanya

 

Akupuntur

Gambar: lesyaskripak di freepik

Dalam sejarah China, dijelaskan bahwa kesehatan manusia terdiri atas keseimbangan harmonis antara yin, kegelapan, dan yang, cahaya. Kedua unsur tersebut bersatu dan membentuk unsur kehidupan bernama chi yang direpresentasikan dengan tubuh kita.

Dengan kata lain, kalau kamu sakit, itu artinya chi milikmu sedang terjadi kerusakan. Dan kerusakan tersebut terjadi akibat unsur yin dan yang sedang tidak harmonis dan berakibat pada ketidakseimbangan.

Nah, peran akupuntur disini adalah menyambung kembali jalur energi kehidupan chi dengan membuat yin dan yang harmonis kembali. Akupunktur Terapis akan menusuk-nusuk 350 titik akupuntur dengan kombinasi yang tepat agar aliran energi dapat seimbang kembali.

Jika setelah melakukan terapi pengobatan ini masalah kesehatan yang kamu alami berhasil disembuhkan, itu berarti energi kehidupan chi telah seimbang kembali.

Dalam satu sesi terapi, biasanya berlangsung selama 20 menit hingga 1 jam. Durasi tersebut sudah termasuk dengan cek kesehatan, riwayat penyakit, dan terapi itu sendiri.

Apa Manfaat Akupuntur?

Umumnya, teknik pengobatan ini dilakukan untuk meringankan gejala atau rasa tidak nyaman yang diakibatkan oleh kondisi atau penyakit tertentu. Misalnya untuk meringankan sakit kepala, sakit punggung, dan sakit leher.

Berikut ini merupakan berbagai manfaat akupuntur:

  1. Meringankan rasa sakit setelah operasi gigi.
  2. Meringankan rasa mual yang diakibatkan dari kemoterapi dan anestesi (bius).
  3. Meringankan kram perut saat menstruasi.
  4. Meringankan sakit kepala tegang dan migrain.
  5. Meringankan osteoarthritis, fibromyalgia, dan carpal tunnel syndrome.
  6. Meringankan kecanduan terhadap obat-obatan.
  7. Meringankan gejala depresi, gangguan kecemasan, insomnia atau gangguan tidur, dan neurosis.

Akupuntur untuk Menurunkan Berat Badan

Selain manfaat-manfaat yang telah disebutkan diatas, ternyata teknik pengobatan asal Cina ini juga bisa untuk menurunkan berat badan, loh!

Filosofi Cina meyakini bahwa kelebihan berat badan adalah bentuk ketidakseimbangan tubuh. Dalam hal ini, ketidakseimbangan terjadi pada energi yang mengalir dari otak maupun menuju otak atau disebut juga sebagai hypothalamus.

Pada dasarnya, akupuntur hanya sebagai unsur pendukung penurun berat badan saat diet. Seperti halnya mengendalikan nafsu makan, meningkatkan metabolisme tubuh, memperbaiki fungsi pencernaan, dan mengontrol hormon yang berkaitan dengan obesitas.

Sebuah riset dari Medical Acupuncture membuktikan kesuksesan penurunan berat badan melalui kombinasi akupuntur dengan diet 2000 kalori dan jalan kaki 15 menit setiap hari.

Peran akupuntur dalam penurunan berat badan adalah dengan cara sebagai berikut:

  1. Menambah metabolisme tubuh
  2. Menurunkan nafsu makan
  3. Menghilangkan stress

dr. Kemas Abdurrohim, Sp. Ak, MARS, M. Kes, dokter spesialis akupuntur RSCM, dari live Instagram RSCM Kencana Official dengan topik pembahasan terapi akupuntur untuk menurunkan berat badan berkata bahwa:

“Ada 4 titik yang akan ditusuk jarum untuk menurunkan berat badan, yaitu di telinga, titik Shen Men, titik perut dan titik endokrin. Beberapa jarum steril kecil akan dimasukkan di titik-titik itu lalu dihangatkan agar menstimulasi tubuh mengeluarkan neurochemical dan hormon.”

dr. Kemas juga mengatakan bahwa cara ini terbukti efektif menurunkan berat badan apabila dikombinasikan dengan metode diet lainnya.

Namun, perlu diingat bahwa terapi ini hanya menjadi usaha tambahan untuk merangsang fungsi tubuh agar lebih bereaksi pada usaha utama.

Jadi, kamu tidak bisa hanya mengandalkan terapi saja tanpa melakukan diet dan olahraga untuk menurunkan berat badan.

Adakah Efek Samping Akupuntur?

Menarik sekali ya ternyata pengobatan ini bisa membantu menurunkan berat badan?

Tetapi, faktanya akupuntur juga dapat menimbulkan berbagai efek samping yang cukup serius seperti infeksi bahkan cedera sistem saraf pusat.

Oleh karena itu, pastikan kamu melakukan terapi ini ke Akupunktur Terapis yang sudah bersertifikasi. Akupunktur Terapis resmi tentunya akan menggunakan jarum yang sudah disterilkan terlebih dahulu sebelum pemakaian.

Hal ini dilakukan demi mencegah infeksi atau cedera sistem saraf pusat dan juga penyakit menular yang tidak diinginkan akibat jarum yang tidak steril.

Umumnya, risiko infeksi terapi ini hampir tidak pernah ada. Biasanya, kamu hanya akan pegal-pegal dan memar sedikit ketika jarum ditusukkan.

Namun, jika kamu termasuk dalam kategori di bawah ini, sebaiknya kamu mengurungkan niat untuk melakukan terapi ini karena bisa berakibat fatal.

Berikut ini orang-orang yang sebaiknya tidak melakukan terapi akupuntur:

  1. Memiliki gangguan perdarahan seperti hemofilia (darah sulit membeku).
  2. Sedang menggunakan alat pacu jantung. Jika dalam terapi memerlukan rangsangan elektrik pada jarum, maka bisa berakibat fatal.
  3. Ibu hamil, karena beberapa titik akupuntur dapat menstimulasi persalinan yang berakibat pada kelahiran prematur.

Estimasi Biaya

Apakah kamu tertarik dengan pengobatan yang menggunakan jarum-jarum kecil ini?

Karena pengobatan akupuntur di rumah sakit manapun tidak bisa di-cover dengan BPJS, kamu bisa mengeluarkan uang hingga Rp3.000.000 tergantung klinik atau rumah sakit tempat akupuntur dan juga jenis terapi akupuntur itu sendiri.

Di Indonesia, kamu bisa melakukan pengobatan akupuntur di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) mulai dari Rp300.000 saja!

RSCM

Gambar: Annual Report

Poliklinik Akupuntur di RSCM menyediakan 14 layanan akupuntur mulai dari untuk henti rokok, untuk gangguan tidur dan gangguan kecemasan, untuk anak, hingga untuk lanjut usia.

Nah, kalau kamu ingin melakukan terapi pengobatan ini di RSCM, kamu bisa konsultasi online terlebih dahulu dengan dokter spesialis akupuntur RSCM di aplikasi SmartRSCM dari SiapDok untuk menentukan jenis terapi mana yang terbaik untukmu.

Aplikasi SmartRSCM terintegrasi dengan RSCM langsung sehingga hasil konsultasi di SmartRSCM sudah terekam otomatis di database rekam medis RSCM. Praktis sekali, kan? Yuk segera download aplikasinya di Play Store atau App Store!

(Alula Sakinah)

Ditinjau oleh: dr. Henry Riyanto Sofyan, Sp.S

Referensi

Britannica. Diakses pada 2022. Acupuncture.

NHS UK. Diakses pada 2022. Acupuncture.

National Center for Complementary and Integrative Health. Diakses pada 2022. Acupuncture: In Depth.

Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Acupuncture.

RSCM. Diakses pada 2022. Poliklinik Akupuntur RSCM.