Skip to content
Home » 9 Penyebab Badan Pegal dan Lemas

9 Penyebab Badan Pegal dan Lemas, Obat dan Cara Mengatasi

  • by

SiapDok – Badan pegal dan lemas? Sobat Sehat pasti sering merasakan hal tersebut, biasanya ketika bangun dari tidur malam atau tidur siang.

Dalam dunia medis, badan lemas disebut asthenia, yaitu kondisi tubuh yang kekurangan energi dan tenaga sehingga kekuatan tubuh melemah.

Kondisi seperti ini disebabkan oleh beberapa faktor. Apa sajakah faktor-faktor tersebut? Simak ulasan berikut ini!

Badan Pegal dan Lemas? Ini Penyebabnya!

Badan Pegal Pegal

Sumber: freepik.com

Pada dasarnya, penyebab badan pegal dan lemas dapat dikategorikan ke dalam 2 faktor, yaitu faktor psikis dan faktor fisik.

Faktor psikis terjadi karena gangguan psikologi pada seseorang, seperti depresi dan stress, sedangkan faktor fisik terjadi karena gangguan kesehatan tubuh, seperti flu dan anemia.

Selain itu, kondisi tersebut disebabkan oleh hal-hal berikut ini:

1. Posisi Tidur yang Salah

Posisi tidur yang salah dapat menjadi salah satu penyebabnya. Hal ini karena terjadi ketegangan ekstra pada beberapa bagian bawah tubuh, pinggang, dan leher.

2. Kurang Istirahat/Tidur

Sebenarnya, kurang tidur bukan hanya berdampak pada pegal dan lemas badan saja, akan tetapi berdampak pada seluruh kesehatan tubuh.

Setiap orang setidaknya membutuhkan waktu tidur 6 hingga 8 jam setiap harinya.

3. Dehidrasi

Dehidrasi atau kehilangan cairan tubuh dapat menurunkan stamina dan tenaga pada tubuh. Dehidrasi disebabkan oleh beberapa hal, antara lain: Diare, Rasa nyeri mulut/tenggorokan, Ketoasidosis diabetes, dan Demam.

4. Kurang Olahraga

Olahraga membuat sistem kerja otot dan tulang semakin kuat dan tak mudah tegang atau lemas. Olahraga juga membuat peredaran darah dalam tubuh menjadi lancar.

5. Berlebihan dalam Olahraga

Ternyata berlebihan dalam olahraga juga menjadi salah satu penyebabnya. Hal ini karena energi dan tenaga yang dikeluarkan oleh tubuh lebih besar dari yang semestinya.

Maka, olahraga lah secara rutin dan teratur tanpa harus berlebihan yang pada akhirnya berdampak pada kesehatan tubuh.

6. Fibromyalgia

Fibromyalgia adalah sebuah penyakit dengan keluhan nyeri pada otot, sendi, hingga bagian sekujur badan. Kondisi ini berpengaruh kepada konsentrasi dan pola tidur seseorang. Bahkan, dapat mempengaruhi cara otak dalam memproses sinyal sakit.

7. Kekurangan Vitamin D

Vitamin D berguna untuk menjaga kesehatan tulang tubuh dan membantu menyerap kalsium. Kekurangan Vitamin D dapat disebabkan oleh kurangnya mengkonsumsi makanan sehat, kurangnya paparan sinar matahari, dan obesitas.

8. Konsumsi Alkohol Berlebihan

Alkohol dapat mengganggu produksi glukosa yang menghasilkan gula darah rendah. Dengan kurangnya produksi glukosa pada tubuh, maka akan membuat tubuh terasa lemas dan lemah.

9. Sindrom Kelelahan Kronis

Sindrom kelelahan kronis atau chronic fatigue syndrome (CFS) adalah kondisi yang membuat tubuh menjadi lemas, meskipun sudah beristirahat dengan waktu yang cukup bahkan lebih.

Baca Juga: 4 Macam Gangguan Mental

Obat-obatan untuk Badan Pegal dan Lemas

Obat-obatan

Sumber: pixabay.com

Beberapa kasus, badan pegal dan lemas dapat hilang dengan sendirinya setelah beristirahat dengan cukup. Akan tetapi, ada beberapa obat-obatan dan vitamin yang bisa dikonsumsi guna menjaga badan agar tetap fit dalam menjalankan aktivitas. 

  1. Paracetamol
  2. Ibuprofen
  3. Enervon-C Multivitamin
  4. Sangobion
  5. Vitamin C Ipi
  6. Stimuno Forte
  7. Nature’s Plus B Complex

Cara Mengatasi Badan Pegal dan Lemas

Cara Mengatasi Badan Pegal dan Lemas

Sumber: pixabay.com

1. Mengkonsumsi Obat-obatan dan Vitamin

Obat-obatan dan vitamin seperti yang telah disebutkan di atas dapat dijumpai dan dibeli di apotek terdekat.

2. Istirahat yang Cukup

Salah satu penyebab badan pegal dan lemas adalah kekurangan istirahat, maka dengan istirahat yang cukup setiap harinya dapat mengatasi kondisi tubuh tersebut.

3. Kompres Bagian Tubuh yang Pegal

Mengompres tubuh dengan es, dapat meredakan pegal-pegal yang dirasakan serta mengurangi pembengkakan yang terjadi.

4. Konsultasi ke Dokter

Rasa pegal dan lemas pada badan yang tak kunjung hilang, dapat dikonsultasikan ke dokter di klinik atau rumah sakit terdekat.

Kapan Harus ke Dokter?

Dokter

Sumber: pixabay.com

Seperti yang telah dijelaskan di atas, kamu dapat pergi ke dokter apabila rasa pegal dan lemas tak kunjung hilang apalagi hingga berdarah dan bernanah.

Apabila terdapat kendala sehingga belum dapat berkonsultasi secara langsung dengan dokter, kamu bisa menggunakan aplikasi telekonsultasi Smart RSCM dari siapdok.id, download di playstore dan appstore!

Banyak fitur yang dapat kamu gunakan di dalamnya sehingga memudahkan dalam berkonsultasi dengan dokter pilihanmu!

#KonsultasikanSaja keluhanmu di Smart RSCM!

(Mizan Adlani)

Ditinjau oleh: dr. Henry Riyanto Sofyan, Sp.S