Skip to content
Home » Kapalan: Pengertian, Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati

Kapalan: Pengertian, Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati

  • by

Kapalan atau Callus merupakan suatu kondisi pada kulit yang ditandai dengan penebalan dan pengerasan. Hal ini terjadi karena gesekan dan tekanan antara kulit dengan benda lain.

Pada umumnya, kondisi ini dapat ditemukan di kaki, tangan, jari kaki, dan jari tangan. Sobat Sehat pasti sudah tidak asing lagi dengan kapalan ini, apalagi yang sering bermain gitar.

Secara kesehatan, kapalan tidak berbahaya, akan tetapi dapat membuat rasa tidak nyaman saat menjalankan aktivitas harian.

Gejala Kapalan

apa itu kapalan?

 

Ada beberapa ciri-ciri dan gejala yang terjadi pada kulit, seperti terasa keras saat disentuh, berwarna kuning pucat hingga kecoklatan, terasa kering, pecah-pecah, terdapat benjolan, dan muncul rasa nyeri.

Ukuran dan bentuknya pada kulit pun sangat bervariasi, ada yang kecil dan besar. Akan tetapi, banyak dijumpai berbentuk melebar di area permukaan kulit.

Ciri-Ciri Kapalan

Berikut merupakan ciri-ciri gejala pada kapalan yang sering dirasakan oleh mayoritas orang, seperti:

  • Terasa keras saat disentuh
  • Berwarna kuning pucat hingga kecoklatan
  • Terasa kering
  • Pecah-pecah pada lapisan kulit
  • Terdapat benjolan yang mengganggu
  • Munculnya rasa nyeri

Penyebab Kapalan

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa penyebab kapalan itu adalah terjadinya gesekan dan tekanan antara kulit dan benda lainnya.

Untuk mempermudah dan memperdalam pengetahuan Sobat Sehat, berikut beberapa contohnya:

1. Memakai sepatu yang terlalu sempit atau longgar

Sepatu yang terlalu sempit akan memberi tekanan lebih pada kulit kaki dan sepatu yang terlalu longgar akan memberikan gesekan pada kulit kaki.

2. Tidak menggunakan kaus kaki saat bersepatu

Sering dijumpai seseorang yang tidak menggunakan kaus kaki saat bersepatu. Hal ini menjadi penyebab terjadinya kapalan, karena gesekan yang terjadi antara sepatu dengan kulit bahkan dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

3. Bermain alat musik

Bermain alat musik, seperti gitar dan biola menjadi salah satu penyebab terjadinya kapalan. Mungkin bagi sebagian musisi, hal ini sudah menjadi hal yang lumrah terjadi.

4. Olahraga angkat beban

Mengangkat beban berat, seperti angkat besi (dumbell) di tempat gym dapat membuat kulit mengeras dan menebal. Selain itu, Push-up juga menjadi salah satu penyebabnya.

Cara Mengobati Kapalan

Kapalan biasanya kurang sensitif terhadap sentuhan dan tidak pula menyebabkan rasa sakit. Akan tetapi, jika dibiarkan dalam jangka waktu yang cukup lama, bisa menimbulkan rasa nyeri pada kulit bahkan iritasi.

Lantas, bagaimanakah cara mengobati kapalan tersebut? Berikut caranya:

1. Meminum obat-obatan

Cara mengobati yang pertama ialah dengan obat-obatan, seperti Asam Salisilat, Antibiotik, dan Pereda Rasa Sakit.

Dalam proses penyembuhan dengan obat-obatan, sangat dianjurkan untuk konsultasi terlebih dahulu kepada dokter yang berkompeten.

2. Operasi

Bentuk operasi pada kapalan yaitu memotong kulit yang menebal dan mengeras. Untuk cara ini, jelas harus dilakukan oleh dokter yang memiliki keilmuan di dalamnya.

3. Menggunakan salep atau krim

Salep atau krim yang mengandung Asam Salisilat dapat digunakan untuk pengobatan kapalan pada kulit.

Penggunaan salep atau krim ini juga tentunya harus sesuai dengan resep dan rekomendasi dokter, maka konsultasikan lah sebelum mengambil tindakan.

4. Merendam kulit di air hangat

Merendam kulit di air hangat menjadi salah cara untuk mengobati kapalan. Biasanya, air yang digunakan sudah dicampur dengan sabun antiseptik dan direndam selama 10-15 menit.

Cara Pencegahan

Kapalan dapat terjadi dengan mudah jika individu tersebut tidak mampu menjaga tingkat kebersihan anggota tubuhnya dengan baik, berikut merupakan cara untuk mencegah kapalan:

1. Menggunakan sepatu yang nyaman

Sepatu memiliki peran yang sangat penting guna mencegah pengerasan kulit pada anggota tubuh, terutama kaki.

Dengan memakai sepatu yang nyaman akan mempermudah setiap kegiatan yang dilakukan di luar rumah tanpa perlu khawatir sekalipun.

2. Menggunakan kaos kaki yang nyaman

Kaos kaki akan erat kaitannya dengan penggunaan sepatu untuk mencegah kapalan.

Hal ini tidak bisa dianggap sepele karena ada beberapa sepatu yang berbahan dasar kasar dan keras sehingga mampu menyebabkan peningkatan kekerasan pada kulit jika tak ada penggunaan kaos kaki.

3. Menggunakan sarung tangan yang nyaman

Sarung tangan dapat digunakan pada salah satu aktivitas yang berada di luar rumah seperti berkebun.

Sebab, ketika berkebun tangan kita akan sering bersentuhan dengan benda-benda asing yang berpotensi menyebabkan kapalan.

4. Gunakan pelembab kulit

Pelembab kulit berfungsi untuk menjaga fungsi kulit agar tetap seimbang dan tidak mudah terkena kapalan.

Pelembab harus di oleskan secara rutin pada bagian tubuh yang akan mengenai benda kasar dalam jangka waktu yang panjang.

Kapan Harus ke Dokter?

Sobat Sehat dapat memeriksa ke dokter jika telah mengurangi tekanan dan gesekan pada kulit, akan tetapi kapalan masih tetap ada bahkan terasa nyeri hingga berdarah dan bernanah. 

Apabila belum sempat untuk memeriksa langsung ke dokter di klinik atau rumah sakit, Sobat Sehat dapat melakukan konsultasi online melalui aplikasi SiapDok dari siapdok.id, Donwload di playstore dan appstore!

Aplikasi ini menyediakan dokter berkompeten di bidangnya dan terpercaya sehingga Sobat Sehat tidak perlu khawatir lagi akan kondisinya. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, #KonsultasikanSaja melalui SiapDok!

(Mizan Adlani)

Ditinjau oleh: dr. Henry Riyanto Sofyan, Sp.S