Skip to content

Apa itu KlikDharmais?

Apa Itu KlikDharmais

KlikDharmais adalah satu-satunya aplikasi konsultasi kesehatan online yang terintegrasi langsung dengan rekam medis RS Kanker Dharmais. 

Apa itu KlikDharmais? Sebelum kita membahas tentang aplikasi konsultasi kesehatan yang satu ini, mari kita simak ulasan mengenai persebaran dokter di Indonesia yang melatarbelakangi adanya aplikasi KlikDharmais ini!

Sumber: Kemenkes RI

Menurut World Health Organization (WHO), agar semua lapisan masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan yang merata, dibutuhkan 1 dokter per 1000 penduduk.

Akan tetapi, faktanya di Indonesia sendiri masih belum bisa mencapai angka tersebut karena persebaran dokter yang masih belum merata.

Berdasarkan data dari Profil Kesehatan Indonesia tahun 2021 oleh Kementerian Kesehatan RI, persebaran dokter di Indonesia didominasi di Pulau Jawa dengan persentase 63% total tenaga medis di Indonesia berada di Pulau Jawa.

Provinsi dengan jumlah dokter terbanyak ditempati DKI Jakarta sebagai posisi pertama dengan jumlah 24.235 orang, diikuti oleh Jawa Timur sebanyak 24.085, lalu Jawa Barat sebanyak 23.592.

Perbedaan sangat mencolok terlihat pada jumlah dokter di 3 provinsi dengan persebaran terbawah, yaitu Sulawesi Barat sebanyak 485 orang, Kalimantan Utara sebanyak 558 orang, dan Gorontalo sebanyak 627 orang.

Apa itu KlikDharmais?

Sobat Pintar, sudah tahukah apa itu KlikDharmais? Jadi, KlikDharmais adalah aplikasi konsultasi kesehatan online berbasis video yang merupakan hasil kolaborasi dari SiapDOK (PT Telekonsul Digital Indonesia) dengan Rumah Sakit Kanker Dharmais.

Aplikasi KlikDharmais resmi diluncurkan pada Jumat, 9 September 2022 di auditorium RS Kanker Dharmais yang dihadiri oleh jajaran direksi RS Kanker Dharmais.

Tidak meratanya persebaran dokter yang telah disebutkan di atas inilah yang membuat SiapDOK dan RS Dharmais bekerja sama untuk memberikan solusi atas permasalahan ini.

Tahukah kamu bahwa kebanyakan pasien kanker di Indonesia baru datang ke rumah sakit ketika sudah mencapai stadium 3 dan 4? Hal ini terjadi salah satunya adalah akibat dari persebaran tenaga medis dan peralatan medis yang tidak merata.

Hadirnya KlikDharmais diharapkan dapat menjadi pilihan utama bagi masyarakat, khususnya luar Pulau Jawa, untuk mendapatkan konsultasi kesehatan langsung dari rumah sakit kanker terbaik di Indonesia, yaitu RS Kanker Dharmais.

Jadi, bagi kamu yang tinggal di daerah dengan dokter spesialis kanker yang tidak banyak atau bahkan tidak ada, kamu bisa berkonsultasi secara online di KlikDharmais ketika kamu merasakan gejala-gejala dari kanker untuk deteksi dini.

Fitur-fitur KlikDharmais

Setelah mengetahui apa itu KlikDharmais, sekarang saatnya kita mengenal fitur-fitur andalan dari aplikasi ini!

Sebagai aplikasi konsultasi kesehatan eksklusif RS Kanker Dharmais, tentunya ada beragam fitur yang tidak dapat kamu temukan dengan aplikasi konsultasi serupa lainnya.

Berikut ini adalah fitur-fitur yang terdapat di KlikDharmais:

  1. Terintegrasi dengan Database RS Dharmais

Fitur utama yang tentu tidak dimiliki dari aplikasi konsultasi kesehatan lainnya dari KlikDharmais adalah terintegrasinya rekam medis pasien yang telah memiliki Medical Record Number (MRN) di RS Dharmais.

Artinya, ketika pasien berkonsultasi melalui KlikDharmais, hasil konsultasi akan otomatis terekam di database milik RS Dharmais.

Hal ini tentu saja sangat memudahkan proses administrasi dan diagnosis jika pasien diminta untuk datang langsung ke rumah sakit.

  • Semua Dokter yang Tersedia Berasal dari RS Kanker Dharmais

RS Kanker Dharmais merupakan pusat kanker terbaik di Indonesia, oleh karena itu kualitas akan kehebatan dokter-dokternya tidak perlu diragukan lagi.

KlikDharmais memberikan jaminan konsultasi aman dan nyaman karena semua dokter yang tersedia berasal dari RS Dharmais! Konsultasi di KlikDharmais dijamin worth it!

  • Konsultasi Kesehatan Berbasis Video

Konsultasi Dokter

Metode video call interaktif pada KlikDharmais akan mempercepat proses diagnosis dan juga ketepatan hasil diagnosis, sebab dokter dan juga pasien dapat lebih leluasa mengobrol.

Konsultasi online dengan media chat dinilai tidak terlalu efektif karena sebagian besar waktu dihabiskan untuk mengetik jawaban, terutama jika dokter atau pasien tidak terbiasa mengetik dengan cepat.

Waktu yang tadinya terbuang untuk mengetik saja, bisa kamu pergunakan untuk bertanya-tanya pada dokter dengan lebih detail.

  • Layanan Peresepan Obat dari Kimia Farma

Setelah berkonsultasi di KlikDharmais, kemungkinan dokter akan meresepkan obat apabila pasien memerlukan pengobatan.

Dengan KlikDharmais, kamu dapat dengan mudah menebus resep ke Kimia Farma manapun yang kamu pilih! Caranya pun cukup mudah, kamu cukup menunjukkan tangkapan layar ponselmu yang menunjukkan resepnya.

  • Layanan Uji Laboratorium Klinik dari Prodia

Sama seperti aplikasi SiapDOK lainnya, KlikDharmais juga memiliki fitur uji laboratorium klinik dari Prodia.

Hasil uji laboratorium dari Prodia, akan ditampilkan hasilnya langsung di aplikasi KlikDharmais di ponselmu, sehingga kamu tidak perlu repot-repot mengambil hasilnya di Prodia kotamu.

Selain itu, jika kamu memerlukan pemeriksaan lanjutan ke RS Dharmais langsung, hasil uji lab ini juga bisa diakses oleh dokter melalui aplikasi, sehingga kamu tidak perlu membawa hasil uji lab-nya ke rumah sakit.

Dokter-Dokter Spesialis di KlikDharmais

Berkonsultasi di KlikDharmais artinya kamu bisa mendapatkan layanan konsultasi yang sama seperti ketika kamu datang ke RS Dharmais langsung.

Dengan kata lain, kamu bisa berkonsultasi dengan ratusan dokter RS Dharmais yang terbagi menjadi 30 spesialisasi.

Berikut ini 30 dokter-dokter spesialis di KlikDharmais yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhanmu:

  1. Dokter Spesialis Anak
  2. Dokter Spesialis Anestesi
  3. Dokter Spesialis Bedah Digestif
  4. Dokter Spesialis Bedah Onkologi
  5. Dokter Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi Estetik
  6. Dokter Spesialis Bedah Saraf
  7. Dokter Spesialis Bedah Thorax Kardio Vaskuler
  8. Dokter Spesialis Gigi dan Mulut
  9. Dokter Spesialis Ginekologi Onkologi
  10. Dokter Spesialis Gizi Klinik
  11. Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah
  12. Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa
  13. Dokter Spesialis Kedokteran Nuklir
  14. Dokter Spesialis Kulit
  15. Dokter Spesialis Mata
  16. Dokter Spesialis Neuro Psikiatri
  17. Dokter Spesialis Ortopedi
  18. Dokter Spesialis Patologi Anatomi
  19. Dokter Spesialis Patologi Klinik
  20. Dokter Spesialis Penyakit Dalam Alergi dan Immunologi
  21. Dokter Spesialis Penyakit Dalam Gastro Entero Hepatologi
  22. Dokter Spesialis Penyakit Dalam Ginjal Hipertensi
  23. Dokter Spesialis Penyakit Dalam Hematologi Onkologi Klinik
  24. Dokter Spesialis Radio Diagnostik
  25. Dokter Spesialis Radiologi
  26. Dokter Spesialis Radioterapi
  27. Dokter Spesialis Rehabilitasi Medik
  28. Dokter Spesialis Syaraf
  29. Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorokan (THT)
  30. Dokter Spesialis Urologi

Tidak hanya bisa memilih dokter spesialis yang pasien butuhkan, pasien juga bisa memilih siapa dokter yang akan menjadi pilihan konsultasinya! 

Keunggulan KlikDharmais

Bagaimana, apa kamu sudah menebak keunggulan apa saja yang dimiliki KlikDharmais dibandingkan aplikasi konsultasi kesehatan lain?

Fitur unggulan paling utama dari aplikasi besutan SiapDOK termasuk KlikDharmais adalah terhubungnya rekam medis antar aplikasi dengan rumah sakit langsung.

Jadi, ketika kamu berkonsultasi di KlikDharmais dan dokter meminta kamu untuk melakukan pemeriksaan lanjut di rumah sakit, kamu tidak perlu repot dengan proses administrasi karena data kamu sudah terekam otomatis lewat aplikasi KlikDharmais. 

Terdengar sangat memudahkan, bukan? Namun tidak hanya itu saja, lho, fitur andalan dari KlikDharmais! Ya, fitur unggulan selanjutnya adalah konsultasi kesehatan online dengan metode video call interaktif!

Dengan video call, ketepatan diagnosis dan kenyamanan proses konsultasi lebih terjamin karena kamu tidak perlu menghabiskan waktu lebih banyak untuk mengetik.

Selain dua fitur unggulan tersebut, fitur-fitur andalan berikutnya seperti peresepan obat oleh Kimia Farma dan uji laboratorium klinik oleh Prodia juga akan sangat memudahkan pasien dan juga dokter!

Segera download KlikDharmais di Google Play Store atau Apple App Store dan nikmati kemudahan berkonsultasi dengan dokter-dokter spesialis kanker terbaik RS Dharmais!

(Alula Sakinah)