Skip to content

Apa itu TellPON?

TellPON

Apa itu TellPON? Jadi, TellPON merupakan aplikasi konsultasi kesehatan dari SiapDOK yang bekerjasama secara langsung dengan Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (RS PON).

Kehadiran aplikasi konsultasi kesehatan semakin memudahkan pasien yang berada di daerah dengan fasilitas serta tenaga kesehatan yang kurang memadai.

Menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan RI tahun 2018, stroke menempati posisi pertama sebagai penyakit tidak menular yang menyebabkan kematian terbanyak di Indonesia.

Prevalensi dari stroke meningkat sebesar 10,9% per tahun 2018 dari yang sebelumnya 7% per tahun 2013.

Kementerian Kesehatan RI memprediksikan bahwa kedepannya penderita stroke meningkat hingga 25-30%, hal inilah yang menginisiasi berdirinya RS PON sebagai pusat otak terbaik di Indonesia.

Apa itu TellPON?

Seperti yang telah disebutkan di atas, TellPON adalah aplikasi konsultasi kesehatan dari SiapDOK (PT Telekonsul Digital Indonesia) yang berkolaborasi dengan Rumah Sakit Pusat Otak Nasional.

RS PON telah melaksanakan grand launching aplikasi TellPON pada Selasa, 18 Oktober 2022 yang dihadiri oleh Direktur Utama RS PON, dr. Mursyid Bustami, Sp.S (K), KIC, MARS, jajaran direksi RS PON, pihak Dewan Pengawas, dan juga tamu undangan.

Sebagai penyakit tidak menular penyebab kematian terbanyak, penyakit stroke mendapatkan perhatian khusus oleh RS PON. Hadirnya TellPON tentu saja akan memudahkan pasien stroke untuk bertemu dengan dokter spesialis syaraf terbaik.

Persebaran dokter yang tidak merata, juga memungkian pasien dari luar daerah (terutama luar Pulau Jawa) untuk dapat berkonsultasi dengan dokter-dokter pilihan terbaik RS PON hanya bermodalkan aplikasi TellPON saja!

Fitur-fitur TellPON

Nah, setelah memahami apa itu TellPON, sekarang saatnya kita mengenal fitur-fitur unggulannya!

Sebagai aplikasi konsultasi kesehatan satu-satunya yang langsung terhubung dengan RS PON, tentunya ada bermacam-macam fitur eksklusif yang tidak dapat kamu temukan di aplikasi konsultasi lain.

Berikut ini adalah fitur-fitur yang terdapat di TellPON:

  • Integrasi dengan Rekam Medis RS PON

Sumber gambar: freepik

Fitur unggulan utama dari TellPON adalah integrasi antara data pasien di aplikasi dengan rekam medis atau Medical Record Number (MRN) milik RS PON.  Kamu tidak akan menemukan fitur ini di aplikasi konsultasi lain!

Hasil konsultasi pasien di TellPON akan otomatis terdata di rekam medis RS PON, sehingga jika kamu perlu pemeriksaan lebih lanjut ke rumah sakit secara langsung, kamu tidak perlu melakukan proses administrasi dari awal lagi.

  • Semua Dokter yang Terdaftar Berasal dari RS PON

Sumber gambar: freepik

RS PON merupakan rumah sakit otak rujukan nasional yang tentunya tidak perlu diragukan lagi kualitas dokter-dokternya.

Kamu bisa bertemu dengan ratusan dokter unggulan dari RS PON dengan berkonsultasi di TellPON.

Nikmati pengalaman konsultasi yang lebih nyaman dan berkualitas dengan berkonsultasi di TellPON!

  • Konsultasi Kesehatan Online Berbasis Video Call

Sumber gambar: dok. pribadi

Jika kamu sering mengalami kesulitan atau merasa aplikasi konsultasi dengan metode chat dengan dokter tidak efektif, maka TellPON adalah jawaban segala kesulitanmu!

Dengan konsultasi kesehatan online berbasis video milik TellPON, dokter akan lebih leluasa untuk bertanya keluhan pasien karena waktu untuk berbicara lebih singkat dibandingkan dengan mengetik.

Selain itu, pasien pun juga bisa bertanya pada dokter lebih dalam lagi mengenai keluhan yang mereka alami.

  • Layanan Peresepan Obat Kimia Farma

Sumber gambar: Kimia Farma

Dokter mungkin akan meresepkan obat pada pasien apabila pasien memerlukan obat tertentu.

Nah, resep yang ditulis oleh dokter di aplikasi TellPON dapat kamu tebus ke Kimia Farma mana saja yang bebas kamu pilih!

Dengan TellPON, kamu dapat dengan mudah menebus resep ke Kimia Farma manapun yang kamu pilih! Kamu cukup menunjukkan screenshot atau tampilan aplikasi TellPON yang menunjukkan resepnya.

  • Layanan Uji Laboratorium Prodia

Sumber gambar: Laboratorium Prodia

Jika setelah melakukan konsultasi dokter memintamu untuk melakukan uji laboratorium untuk diagnosis lebih tepat, fitur TellPON yang satu ini akan sangat memudahkan kamu! 

Kamu tidak perlu repot-repot mengambil hasil uji lab tadi ke Prodia karena hasilnya akan ditampilkan langsung di aplikasi TellPON milikmu.

Tidak hanya itu, apabila kamu memerlukan pemeriksaan lanjutan ke RS PON langsung, hasil uji lab fisik tidak perlu kamu bawa sebab dokter juga bisa melihat uji lab milikmu melalui aplikasi TellPON.

Dokter-Dokter Spesialis di TellPON

Konsultasi di TellPON adalah pilihan terbaik jika kamu mau berkonsultasi langsung dengan ahlinya karena kualitas lebih terjamin.

Kamu bisa berkonsultasi dengan puluhan dokter RS PON yang terbagi menjadi 16 spesialisasi. Selain memilih spesialisasi sesuai kebutuhan kesehatan, kamu juga bisa dengan bebas memilih siapa dokternya!

Berikut ini 16 dokter-dokter spesialis RS PON yang ada di aplikasi TellPON:

  1. Dokter Spesialis Akupuntur
  2. Dokter Spesialis Anak
  3. Dokter Spesialis Anestesi
  4. Dokter Spesialis Bedah
  5. Dokter Spesialis Bedah Plastik
  6. Dokter Spesialis Bedah Saraf
  7. Dokter Spesialis Bedah Vaskular
  8. Dokter Spesialis Gizi Klinik
  9. Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah
  10. Dokter Spesialis Okupasi
  11. Dokter Spesialis Ortopedi
  12. Dokter Spesialis Paru
  13. Dokter Spesialis Penyakit Dalam
  14. Dokter Spesialis Saraf
  15. Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorokan (THT)
  16. Psikolog

Keunggulan TellPON

Melihat fitur-fitur yang telah disebutkan di atas, kamu pasti bisa menebak fitur unggulan TellPON mana yang tidak dimiliki aplikasi konsultasi kesehatan lain.

Ya! Fitur unggulan utama TellPON adalah terekamnya rekam medis pasien yang berkonsultasi di aplikasi TellPON dengan rekam medis milik RS PON.

Dengan kata lain, jika dokter meminta kamu untuk melakukan pemeriksaan di RS PON langsung, kamu bisa menghindari proses administrasi dari awal karena datamu sudah terekam dari aplikasi TellPON!

Fitur unggulan lain seperti metode konsultasi melalui video call juga memberikan kenyamanan lebih dan ketepatan diagnosis juga bisa dicapai dengan metode ini dibandingkan dengan chat biasa.

Selain dua fitur tersebut, fitur-fitur andalan berikutnya di TellPON seperti peresepan obat oleh Kimia Farma dan uji laboratorium klinik oleh Prodia juga mempermudah pasien dan dokter.

Tunggu apalagi? Yuk, konsultasikan kesehatanmu dengan TellPON karena dijamin #CepatResPON!

Unduh aplikasinya di Google Play Store atau Apple App Store dan nikmati konsultasi premium eksklusif dengan dokter-dokter terbaik dari RS PON!

(Alula Sakinah)