Skip to content
Home » Apa itu SmartRSCM?

Apa itu SmartRSCM?

  • by
Apa itu SmartRSCM

Apa itu SmartRSCM? Perkembangan teknologi yang semakin pesat tentu saja memberikan dampak positif di berbagai bidang, tak terkecuali bidang kesehatan. Berbagai macam digitalisasi pelayanan kesehatan telah berhasil dilakukan berkat adanya kemajuan teknologi.

Saat ini, tersedia banyak sekali aplikasi konsultasi dokter online yang bisa kamu akses dimana saja dan kapan saja. Perlu diingat bahwa kamu perlu berhati-hati memilih aplikasi telekonsultasi supaya pengalaman konsultasi online-mu nyaman dan aman.

Salah satu aplikasi konsultasi dokter online yang bisa kamu akses secara gratis dan sudah pasti aman karena terintegrasi langsung dengan rumah sakit ternama kepercayaan masyarakat Indonesia adalah SmartRSCM.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai SmartRSCM, yuk simak baik-baik penjelasan di bawah ini!

Apa itu SmartRSCM?

Apa itu SmartRSCM SiapDok

Petanyaan yang banyak muncul adalah apa itu SmartRSCM? Sebenarnya ini adalah suatu aplikasi konsultasi dokter online berbasis video yang merupakan hasil kolaborasi dari Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) dengan SiapDOK (PT Telekonsul Digital Indonesia).

Aplikasi SmartRSCM resmi diluncurkan pada 21 November 2021 bertepatan dengan perayaan HUT RSCM ke-102 dan diresmikan langsung oleh Direktur Utama RSCM, dr. Lies Dina Liastuti, SpJP(K), MARS, dan Menteri Kesehatan Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU.

Pada 05 Agustus 2022 lalu, SiapDOK telah resmi mengumumkan kerja sama dengan Kimia Farma dan Laboratorium Prodia yang tentunya semakin memudahkan ekosistem telekonsultasi kesehatan.

Launching kerja sama dengan Kimia Farma dan Prodia pada Jumat 05 Agustus 2022 diresmikan oleh Wakil Menteri Kesehatan RI, Dante Saksono Harbuwono.

Selain itu, acara launching tersebut juga dihadiri oleh Direktur Utama dan Jajaran Direksi RSCM, Direktur Digital Service Transformation & IT Prodia, dan Direktur Utama Kimia Farma.

Dua fitur hasil kerja sama tersebut dapat dinikmati di seluruh aplikasi telekonsultasi milik SiapDOK baik yang sudah rilis seperti SmartRSCM maupun yang akan datang.

Fitur-fitur SmartRSCM

SmartRSCM sebagai aplikasi pelayanan kesehatan yang bekerja sama dengan RSCM secara langsung tentu saja memiliki banyak fitur andalan yang tidak dimiliki aplikasi konsultasi lainnya.

Berikut ini adalah fitur-fitur yang terdapat di SmartRSCM:

1. Terintegrasi dengan Database RSCM

Integrasi apa itu SmartRSCM

Sumber: freepik.com

Fitur utama dari SmartRSCM adalah terintegrasinya rekam medis pasien yang telah memiliki Medical Record Number (MRN) di RSCM.

Artinya, ketika pasien berkonsultasi dengan dokter RSCM melalui SmartRSCM, hasil konsultasi akan otomatis terekam di database milik RSCM.

Hal ini tentu saja sangat memudahkan proses administrasi dan diagnosis jika pasien diminta untuk datang langsung ke rumah sakit.

2. Dokter-dokter yang Tersedia Semuanya Berasal dari RSCM

Dokter apa itu smartRSCM

Sumber: freepik.com

Sebagai rumah sakit yang sudah dipercaya oleh masyarakat Indonesia dan menjadi rumah sakit pusat nasional, dokter-dokter di RSCM tentu memiliki kredibilitas yang sangat tinggi.

Pasien tidak perlu khawatir akan kualitas dan kenyamanan pengalaman ketika konsultasi online di SmartRSCM karena semua dokter yang terdapat di SmartRSCM adalah dokter-dokter resmi yang bekerja di RSCM.

3. Layanan Konsultasi Berbasis Video

Konsultasi Kesehatan Dokter Online

Kabar baik karena konsultasi dokter online di SmartRSCM menggunakan media video call yang tentunya akan jauh lebih memudahkan proses diagnosis dan lebih menghemat waktu pasien dibandingkan dengan chat biasa.

Dengan metode video call interaktif, dokter dan pasien lebih diuntungkan karena bisa lebih cepat melakukan proses diagnosis yang berdampak pada ketepatan hasil diagnosis dibandingkan dengan chat yang membutuhkan waktu lebih lama.

Sehingga, tercipta efisiensi waktu karena waktu tidak terbuang hanya untuk mengetik pesan saja. Waktu yang semula digunakan untuk mengetik, bisa digunakan untuk berkonsultasi lebih detail pada dokter.

4. Layanan Peresepan oleh Kimia Farma

Integrasi Kimia Farma SmartRSCM

Sumber: Dok. Kimia Farma

Setelah berkonsultasi dengan dokter di SmartRSCM, kemungkinan kamu akan diresepkan obat apabila diperlukan.

Resep yang ditulis oleh dokter di SmartRSCM bisa kamu tebus di Kimia Farma cukup dengan menunjukkan tangkapan layar ponselmu.

Nah, kabar bagusnya adalah kamu bisa bebas pilih Kimia Farma mana saja untuk menebus resepnya! Jadi, kamu cukup memilih Kimia Farma terdekat dan obat bisa segera sampai di tanganmu.

5. Layanan Uji Laboratorium Klinik dari Prodia

Integrasi Lab Prodia SmartRSCM

Sumber: Dok. Prodia

Ketepatan diagnosis di aplikasi konsultasi dokter online SmartRSCM tidak perlu diragukan lagi, sebab kini telah menggandeng Prodia sebagai penyedia layanan uji lab hasil diagnosis yang diberikan setelah berkonsultasi di SmartRSCM.

Layanan uji lab di SmartRSCM ini sangat memudahkan dokter dan pasien karena hasil uji lab akan langsung terlihat di aplikasi, sehingga kamu tidak perlu repot-repot pergi ke Prodia untuk mengambil hasilnya!

Dokter-Dokter Spesialis di SmartRSCM

Berkonsultasi di SmartRSCM memungkinkan kamu untuk bisa mendapatkan layanan konsultasi yang sama dengan ketika kamu datang ke RSCM langsung. Artinya, kamu bisa berkonsultasi dengan ribuan dokter manapun di RSCM yang terbagi menjadi 20 spesialisasi.

Nah, ini dia 20 dokter-dokter spesialis di SmartRSCM yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhanmu:

  1. Dokter Spesialis Anak
  2. Dokter Spesialis Akupuntur
  3. Dokter Spesialis Bedah
  4. Dokter Spesialis Bedah Saraf
  5. Dokter Spesialis Gigi dan Mulut
  6. Dokter Spesialis Gizi Klinik
  7. Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin
  8. Dokter Spesialis Kebidanan dan Penyakit Kandungan
  9. Dokter Spesialis Kedokteran Nuklir
  10. Dokter Spesialis Mata
  11. Dokter Spesialis Ortopedi dan Traumatologi
  12. Dokter Spesialis Penyakit Dalam
  13. Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Kardiovaskular
  14. Dokter Spesialis Psikiatri
  15. Dokter Spesialis Radiologi
  16. Dokter Spesialis Rehabilitasi Medik
  17. Dokter Spesialis Saraf
  18. Dokter Spesialis Telinga, Hidung, Tenggorokan, Kepala dan Leher
  19. Dokter Spesialis Urologi
  20. Dokter Spesialis Okupasi

Selain bisa memilih dokter spesialis tergantung kebutuhan kesehatanmu, kamu juga bisa memilih siapa dokter yang akan menjadi pilihan konsultasimu! 

Keunggulan 

Sesuai dengan fitur-fitur andalan yang telah disebutkan di atas, kamu sudah bisa menebak seberapa unggul aplikasi konsultasi dokter yang banyak ditanyakan tentang apa itu SmartRSCM dibandingkan aplikasi konsultasi serupa lainnya.

SmartRSCM memiliki fitur integrasi rekam medis antar aplikasi SmartRSCM dengan database RSCM yang merupakan keunikan dan keunggulan utama dibandingkan dengan aplikasi konsultasi dokter lainnya.

Selain itu, konsultasi via video call interaktif antara dokter dan pasien menghasilkan diagnosis yang lebih presisi dan cepat sehingga durasi konsultasi bisa digunakan secara efektif.

Dua fitur terbaru dari SmartRSCM juga berperan besar dalam mewujudkan ekosistem pelayanan kesehatan yang mumpuni dan semakin mempermudah pasien mendapatkan hak-hak kesehatan mereka secara penuh. 

Layanan peresepan obat oleh Kimia Farma dan uji laboratorium oleh Prodia yang hasilnya bisa dilihat langsung melalui aplikasi SmartRSCM tanpa perlu datang ke Lab Prodia untuk mengetahui hasilnya tentu sangat membantu pasien.

Yuk, download SmartRSCM sekarang di Play Store atau App Store dan nikmati kemudahan berkonsultasi dengan dokter-dokter spesialis terbaik di RSCM!

(Alula Sakinah)