Skip to content
Home » Gangguan Metabolik: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Gangguan Metabolik: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Gangguan Metabolik

Sobat Pintar, tubuh manusia akan selalu memerlukan proses metabolisme supaya fungsi organ tubuh bekerja. Jika proses ini tidak mampu berjalan dengan baik maka kondisi tubuh akan mengalami gangguan metabolik. 

Proses metabolisme menjadi proses penting untuk kelangsungan hidup manusia. Apa yang kita konsumsi akan diserap oleh usus halus dan diangkut ke sel tubuh dan pada akhirnya akan berubah menjadi energi/nutrisi yang dibutuhkan pada tubuh kita. 

Nutrisi dalam tubuh kita menjadi sumber energi untuk beraktivitas. Setiap orang bisa mengalami gangguan ini dengan gejala dan dampak yang bermacam macam. Yuk simak penjelasannya!

Gangguan metabolik adalah suatu kondisi tubuh yang mengalami proses produksi secara kimiawi yang tidak sesuai. Dengan proses yang tidak normal maka mengakibatkan tubuh mendapat zat-zat penting yang tidak sesuai dan tubuh akan rentan sakit.

Adapun nutrisi yang dibutuhkan, yaitu: karbohidrat, lemak, protein. Lalu apa saja gangguan metabolik yang umum terjadi? Berikut penjelasannya:

  1. Hilangnya enzim atau vitamin yang dibutuhkan tubuh
  2. Adanya indikasi berupa reaksi abnormal yang menyebabkan proses metabolisme menjadi terganggu
  3. Adanya penyakit bawaan pada diri yaitu pada sistem hati dan pankreas
  4. Tubuh yang kekurangan gizi 

Penyebab Gangguan Metabolik

Penyebab Gangguan Metabolik

Faktor penyebab gangguan metabolik disebabkan oleh berhentinya fungsi organ tubuh. Hal ini didasari karena kekurangan hormon dan nutrisi penting, mengkonsumsi makanan secara berlebihan, serta faktor genetik/keturunan.

Beberapa gangguan metabolik umumnya disebabkan oleh mutasi gen yaitu adanya kelainan genetik yang diturunkan keluarga yang disebut kelainan metabolik bawaan (inborn errors of metabolism).

Kelainan genetik ini mempengaruhi kinerja kelenjar endokrin (sekumpulan kelenjar dan organ yang memproduksi hormon) dalam menghasilkan nutrisi yang digunakan pada proses metabolisme.

Dengan keadaan tersebut berdampak pada hasil produksi nutrisi yang terlalu berlebihan, berkurang, atau tidak ada produksi sama sekali. Hasil produksi yang tidak normal mampu memunculkan zat-zat beracun di dalam tubuh yang menimbun dan tidak dapat dikeluarkan.

Gejala Gangguan Metabolik

Para penderita gangguan metabolik akan merasakan gejala bermacam-macam tergantung  dari jenis kelainan metabolisme yang dimiliki. Tetapi ada beberapa gejala umum, antara lain:

  1. Tubuh mudah terasa terasa lemas, letih, dan lesu karena melakukan aktivitas yang tidak terlalu berat
  2. Rasa sakit atau nyeri di bagian perut
  3. Seringkali merasakan mual dan muntah 
  4. Nafsu makan semakin berkurang atau bahkan tidak ada nafsu
  5. Dengan menurunnya nafsu makan berdampak pada penurunan berat badan
  6. Adanya keluhan terkait  napas mulut, keringat, air urin yang berbau tidak sedap
  7. Muncul kejang dalam tubuh
  8. Perkembangan fisik yang terlambat dan terhambat 

Gejala di atas bisa muncul secara tiba-tiba atau secara perlahan. Adapun dalam beberapa kasus, gejala ini bisa dialami oleh seorang bayi setelah beberapa hari atau minggu dilahirkan. Hal ini dipengaruhi oleh faktor genetik orang tua langsung terlihat.

Gangguan metabolik pada anak umumnya akan nampak pada proses perkembangan fisik yang terlambat dari teman-teman lainnya. Dengan gangguan metabolik yang dimiliki pada anak akan mempengaruhi aktivitas yang sudah seharusnya dilakukan oleh anak seusianya.

 Sumber gambar: freepik.com

Penyakit Metabolik

Dengan semakin banyak kelainan karena gangguan metabolik maka akan berpengaruh juga pada peningkatan penyakit metabolik. 

Dengan teknologi yang semakin maju para ahli serta dokter telah mengidentifikasi temuan baru. Berikut jenis penyakit yang dapat terjadi:

  1. Gangguan Metabolisme pada Karbohidrat
  • Diabetes melitus: termasuk masalah metabolisme yang umum karena hormon insulin menyebabkan perubahan kadar gula darah yang tak dikontrol. Maka, tubuh menerima risiko komplikasi diabetes yang berbahaya
  • Galaktosemia: kelainan tubuh berakibat pada glukosa yang tidak bisa terurai dengan baik
  1.   Gangguan Metabolisme pada Protein
  • Fenilketonuria: keadaan dimana kadar asam amino (protein) fenilalanin pada darah terlalu tinggi
  • Ataksia friedreich: protein fraktasin yang berkurang dalam tubuh sehingga merusak sistem saraf yang seharusnya berfungsi memompa kerja jantung
  1.   Gangguan Metabolisme pada Lemak
  • Xanthoma: keadaan kulit yang terganggu karena penumpukan lemak di permukaan kulit
  • Gaucher: penyakit ini membuat tubuh tidak bisa mengurai lemak sehingga lemak dalam tubuh menumpuk di limpa, sumsum, hati sehingga akan merusak tulang

Kapan Pergi ke Dokter?

Pengobatan gangguan metabolik

Sobat pintar, segera konsultasikan keluhanmu terkait gangguan metabolik kepada dokter ahli. Jangan mencoba untuk menunda karena sehat itu mahal harganya.

Jangan cemas, aplikasi SmartRSCM memudahkan kamu untuk berkonsultasi dengan para dokter berkualitas tinggi!

Jadi mau tunggu apalagi? Yuk, segera download aplikasinya yang sudah tersedia di Google Play Store maupun Apple App Store. Hanya satu klik, masalah bisa teratasi!  

(Maria Angeli Adind)

Referensi

Jurnal Kajian dan Pengembangan Masyarakat. Diakses pada 2022. Vol.1 No.2. Universitas Muhammadiyah Jakarta. Literature Review: Pengaruh Pola Makan Terhadap Sindrom Metabolik.