Skip to content

Kepala Peyang: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasi

  • by
Kepala Peyang

Kepala peyang yang juga dikenal sebagai flat head syndrom, terjadi ketika bayi yang baru lahir tidur dengan kepala di sisi yang sama selama beberapa bulan pertama kehidupannya. Ini menghasilkan tambalan datar di satu sisi atau bagian belakang kepala.

Keluarnya kepala bayi yang baru lahir melalui jalan lahir selama persalinan dapat menyebabkan kepala tampak runcing atau terlalu panjang. 

Akibatnya, tengkorak bayi yang terdiri dari banyak tulang akhirnya menyatu menjadi sedikit tidak beraturan dalam beberapa hari atau minggu setelah dilahirkan.

Namun, jika bayi yang baru lahir mengalami tambalan datar permanen di satu sisi atau belakang kepala, itu mungkin dinamakan sindrom kepala peyang.

Masalah ini tidak memiliki efek jangka panjang pada perkembangan atau penampilan otak. Untungnya, tidak perlu dilakukan operasi untuk memperbaikinya. 

Tindakan sederhana seperti mengubah posisi tidur bayi dan menggendong bayi bisa menjadi salah satu cara efektif untuk menanggulangi sindrom kepala peyang.

Dalam sebuah studi tahun 2004, di mana lingkar kepala dinilai secara teratur pada 200 bayi sejak lahir hingga dua tahun, kejadian sindrom kepala peyang dapat teridentifikasi sebagai berikut:

  • 16% setelah 6 minggu
  • 19,7 persen setelah empat bulan
  • 6,8 persen setelah setahun
  • 3,3% setelah 24 bulan

Sebuah studi yang lebih baru menemukan persentase yang meningkat dengan sedikit lebih dari 46 persen untuk bayi baru lahir berusia 7 hingga 12 minggu.

Jenis-Jenis Kepala Peyang

Kepala Peyang

Sumber: pixabay.com

Jika ditinjau lebih mendalam, kepala peyang dapat terbagi menjadi dua jenis yaitu plagiocephaly dan brachycephaly. Berikut merupakan penjelasannya:

1. Plagiocephaly

Plagiocephaly adalah kelainan di mana kepala bayi mengembangkan bagian yang datar atau miring. 

Varietas yang paling umum adalah plagiocephaly posisional, yang terjadi ketika kepala mendatar akibat tekanan eksternal.

Bentuk plagiocephaly berkembang ketika bayi baru lahir menghabiskan banyak waktu dengan kepala bersandar pada permukaan datar, yang biasanya berupa ranjang bayi tetapi juga dapat berupa kereta dorong atau tempat tidur gantung yang dibentangkan.

Plagiocephaly menyebabkan perbedaan pada beberapa anggota tubuh seperti berikut ini:

  • Astigmatisme dapat terjadi sebagai akibat dari mata yang tidak sejajar dan bentuk mata yang tidak cocok.
  • Asimetri telinga terjadi ketika satu telinga lebih maju dari yang lainnya.
  • Perataan dan penebalan rahang.
  • Masalah penutupan bibir yang dapat berkontribusi pada pola makan yang buruk.

2.Brachycephaly

Brachycephaly adalah suatu kondisi yang dibedakan dengan daerah yang rata di bagian belakang tengkorak bayi.

Brachycephaly memiliki tengkorak yang relatif luas dan pendek (biasanya setidaknya 80 persen dari panjangnya). 

Tengkorak biasanya terangkat di bagian belakang pada bayi yang baru lahir dengan jenis  sindrom brachycephaly dan seluruh bagian belakang kepala mungkin tampak benar-benar rata tanpa melengkung ke arah leher. 

Brachycephaly adalah sejenis kondisi kepala peyang yang dapat terjadi sendiri atau bersamaan dengan plagiocephaly.

Brachycephaly terjadi ketika pertumbuhan alami kepala bayi terganggu oleh tekanan eksternal yang membatasi pertumbuhan di wilayah kepala tersebut. 

Tengkorak bayi masih cukup lunak selama masa bayi yang baru lahir untuk dibentuk oleh tekanan eksternal yang dapat menyebabkan bagian tengkorak terdistorsi dan mengakibatkan brachycephaly.

Tekanan eksternal dapat menginduksi brachycephaly sebelum kelahiran di dalam rahim ibu atau setelah melahirkan sebagai akibat dari tekanan eksternal di luar rahim.

Gejala Kepala Peyang

Berikut merupakan gejala kepala peyang yang sering dialami oleh anak:

  • Bagian belakang tengkorak anak, yang dikenal sebagai tengkuk, sering terlihat rata di satu sisi. 
  • Di bagian kepala bayi itu, biasanya ada lebih sedikit rambut. Saat melihat kepala bayi dari atas, telinga di sisi yang rata mungkin tertarik ke depan.
  • Dalam situasi ekstrim, dahi mungkin tidak rata dan kepala bisa menonjol di sisi berlawanan dari perataan. 
  • Sindrom kepala peyang sering didiagnosis hanya dengan melirik kepala anak. Tortikolis (leher miring) didiagnosis dengan mengamati bagaimana bayi baru lahir menggerakkan kepala dan lehernya. 

Apa Penyebabnya?

Menurut dr. Prasetyanugraheni Kreshanti, “Yang pertama dan terpenting, kita harus menentukan penyebab kepala peyang pada bayi, jelas kepala bayi bisa saja sakit karena posisi tidur. Ada kemungkinan kesalahan dalam pertumbuhan tulang tengkorak.”

Jika persendian yang membentuk tulang tengkorak menyatu terlalu cepat, perkembangan tulang tengkorak terhambat.

Jadi satu-satunya cara untuk mengetahui apakah persendian telah menyatu sebelum waktunya adalah dengan merasakannya.

Ketika kepala bayi dipegang dalam satu posisi untuk waktu yang lama, tengkoraknya menjadi rata. Karena area yang terbatas di dalam rahim, bayi dapat lahir dengan kondisi sindrom kepala peyang.

Ini dimungkinkan jika kamu mengharapkan anak kembar. Variabel lain yang dapat meningkatkan peluang kamu mengembangkan sindrom kepala peyang meliputi:

  • Tortikolis otot (leher miring)

Ini adalah masalah kepala peyang yang ada sejak lahir (bawaan). Satu atau lebih otot leher sangat tegang. Akibatnya, kepala bayi tetap dalam posisi yang sama.

Secara singkat, tortikolis dapat diartikan sebagai suatu gangguan yang menyerang otot leher sehingga menyebabkan leher menjadi miring.

  • Konsepsi dini (prematuritas)

Tulang tengkorak anak-anak prematur lebih lunak. Selain itu, banyak bayi baru lahir prematur menghabiskan banyak waktu di rumah sakit dengan respirator dengan posisi kepala yang sama.

  • Tidur telentang

Bayi yang tidur telentang atau di kursi mobil untuk waktu yang lama tanpa mengubah posisi dapat meningkatkan terjadinya kepala peyang. 

Namun, hingga usia satu tahun, bayi baru lahir harus selalu tidur terlentang untuk mengurangi resiko kepala peyang.

Bagaimana Cara Mengatasi Kepala Peyang?

Cara Mengatasi Kepala Peyang

Gambar: MomJunction

Jika anak mengalami sindrom kepala peyang karena posisi tidur atau berbaring, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan di rumah untuk membantu menyembuhkannya:

  • Sesuaikan postur kepala bayi saat dia tidur 

Saat bayi tidur telentang, ubah posisi kepalanya (dari kiri ke kanan, kanan ke kiri). Meskipun bayi kemungkinan besar akan bergeser di malam hari. 

Cara ini merupakan ide yang baik untuk memposisikannya dengan sisi kepala yang membulat menyentuh kasur dan sisi yang rata menghadap ke atas. 

American Academy of Pediatrics (AAP) menyarankan agar tidak menggunakan bantalan baji atau perangkat lain untuk menahan bayi dalam satu posisi.

  • Ubah posisi di tempat tidur bayi

Pertimbangkan bagaimana menempatkan bayi di ranjangnya. Mayoritas orang tua yang tidak kidal menggendong bayi kecil yang baru lahir di lengan kiri mereka dan membaringkannya dengan kepala ke kiri. 

Bayi yang baru lahir harus berbelok ke kanan untuk melihat ke luar ruangan dalam postur ini, dan tortikolis ke kanan dengan perataan sisi kanan kepala secara signifikan lebih umum daripada tortikolis ke kiri. 

Sisi manapun dari kepala bayi yang rata, harus meletakkan bayi di keranjang bayi untuk merangsang rotasi kepala yang kuat ke sisi yang lain.

  • Gendong bayi dengan lebih sering

Kurangi jumlah waktu yang dihabiskan anak untuk berbaring telentang atau sering mengistirahatkan kepalanya di permukaan datar (seperti di kursi mobil, kereta bayi, ayunan, kursi goyang, dan halaman bermain). 

Misalnya, jika bayi tertidur di kursi mobil saat bepergian, pindahkan anak dari kursi saat tiba di rumah daripada membiarkan anak tidur di kursi. Angkat dan gendong bayi sesering mungkin untuk mengurangi tekanan di kepala.

Pencegahan Kepala Peyang

Terlepas dari kemungkinan mengembangkan daerah yang rata di bagian belakang kepala, bayi harus ditidurkan telentang untuk membantu mencegah kepala peyang yang dialami.

Jika kondisinya sedang hingga parah dan memutar kepala bayi tidak membantu, ia mungkin perlu mengenakan pita atau helm tertentu. 

Helm biasanya dibuat dengan cangkang keras eksterior dan interior busa. Tekanan lembut membantu pembentukan kembali tengkorak. Penyesuaian dilakukan saat kepala berkembang. 

Helm telah dibuktikan dalam beberapa percobaan tidak efektif untuk deformasi tengkorak ringan hingga berat.

Perlukah Pergi ke Dokter?

Masalah pada bayi dan anak kecil sangat rentan terjadi dan dirasakan selama beberapa tahun setelah proses persalinan. Hal ini menyebabkan kekhawatiran berlebih pada kebanyakan orang tua.

Perlu pengecekan secara rutin untuk memastikan keadaan bayi tersebut tetap aman dengan bantuan telekonsultasi terbaik SiapDOK, yaitu SmartRSCM!

SmartRSCM dapat menjadi pilihan utama para orang tua guna mengontrol tubuh maupun kesehatan sang buah hati.

Cukup download aplikasi SmartRSCM yang kini telah tersedia di appstore maupun playstore, kemudian konsultasikan, dan permasalahan pun dapat segera teratasi. setiap masalah kesehatan mu akan menjadi prioritas utama kami!

(Syafiq Kemal Fahriandoni)

Referensi:

Contemporary Pediatrics, Diakses pada 2022, Deformational Plagiocephaly and Brachycephaly

Stanford Medicine, Diakses pada 2022, Flat Head Syndrome (Deformational Plagiocephaly)

Healthline, Diakses pada 2022, Understanding Flat Head Syndrome (Plagiocephaly) in Babies

Journal of Dr. Simmons, Diakses pada 2022, PLAGIOCEPHALY (Flat Head Syndrome)