Skip to content

Tingkatkan Akses, RSCM Luncurkan Layanan Telekonsultasi

  • by

RSUP Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) meluncurkan layanan telekonsultasi terbarunya SiapDok pada Sabtu (21/11), bertepatan di HUT-nya ke-101 tahun. Layanan tersebut untuk meningkatkan akses kesehatan kepada masyarakat di masa pandemi covid-19.

Direktur Utama RSCM Lies Dina Liastuti mengatakan globalisasi dan revolusi teknologi kesehatan abad ke-20 memacu rumah sakit di berbagai belahan dunia untuk mengembangkan inovasi layanan kesehatan.

Di Indonesia sendiri, telekonsultasi telah marak diperbincangkan dalam lima tahun terakhir. “Teknologi ini memungkinkan pasien untuk melakukan konsultasi jarak jauh dengan dokter secara daring dalam proses penegakan diagnosis, maupun pertimbangan terhadap terapi.

Tidak terbatas disana, telekonsultasi juga dapat dimanfaatkan oleh sesama dokter dalam mendiskusikan suatu kasus atau penyakit,” ungkap Lies terkait keunggulan aplikasi SiapDok RSCM.

Dia mengungkapkan bahwa sebagai Rumah Sakit Pusat Rujukan Nasional milik pemerintah, RSCM turut berpartisipasi sebagai aktor pendorong telekonsultasi yang bermutu, dengan tetap memperhatikan aspek keselamatan pasien. 

Aplikasi SiapDok pun menjadi pilot project Kementerian Kesehatan untuk jadi RS Kelas Dunia (world class hospital) yang didukung Kementrian Komunikasi dan Informatika khususnya oleh BLU BAKTI, serta Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk berkolaborasi dalam percepatan implementasinya.

Selengkapnya: https://mediaindonesia.com/humaniora/362769/tingkatkan-akses-rscm-luncurkan-layanan-telekonsultasi