Skip to content
Home » Gangguan Sistem Endokrin: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Gangguan Sistem Endokrin: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Sistem Endokrin

Sobat Pintar apakah dari kalian sudah tahu apa itu gangguan sistem endokrin? Gangguan ini termasuk dalam penyakit yang terkait dengan kelenjar endokrin pada tubuh.

Kelenjar endokrin adalah suatu kelenjar yang menghasilkan hormon, yang merupakan sinyal kimia yang dikeluarkan melalui aliran darah dalam tubuh manusia.

Adanya hormon ini mampu membawa pesan yang kemudian diangkut oleh aliran darah menuju seluruh sel dalam tubuh yang selanjutnya menerjemahkan “pesan.”

Fungsi Endokrin

Fungsi Endokrin

Sobat Pintar, hormon endokrin ini tentunya sangat penting bagi proses hidup manusia dengan sistem pelepasan hormon seperti metabolisme, tumbuh kembang, fungsi dan reproduksi seksual, tekanan darah, pernapasan, nafsu makan, dan siklus tidur.

Hormon endokrin ini memiliki fungsinya masing-masing tergantung letak dan hormon yang dihasilkan. Yuk simak penjelasannya:

1. Hipofisis (Kelenjar Master)

Terletak pada dasar otak besar dengan fungsi menghasilkan berbagai macam hormon untuk mengatur kelenjar lain. Kelenjar hipofisis ini bisa disebut dengan kelenjar pengendali dalam tubuh dan cukup penting bagi kelangsungan hormon lainnya.

2. Tiroid (Kelenjar Gondok) 

Berada pada bawah jakun di depan trakea yang berbentuk seperti cuping kembar. Kelenjar ini menghasilkan hormon tiroksin yang erat kaitannya dengan sistem metabolisme tubuh serta pengatur suhu tubuh manusia. 

Jika tubuh kekurangan hormon tiroksin ini akan berdampak pada pembesaran kelenjar, laju pertumbuhan yang lambat, serta kecerdasaan akan menurun.

3. Adrenal (Anak Ginjal)

Letak dari hormon ini menempel pada bagian atas ginjal dengan bentuk seperti bola. Kelenjar ini terbagi menjadi 2 bagian yaitu korteks (bagian luar) dan medula (bagian tengah). 

Fungsi dari korteks yaitu menghasilkan hormon kortison untuk menjaga metabolisme garam natrium serta kalium, menjaga keseimbangan hormon seksual. 

Sedangkan, medula menghasilkan hormon adrenalin dan noradrenalin untuk menyeimbangkan antara tekanan darah serta denyut jantung.

4. Pankreas

Dalam kelenjar pankreas terdapat gugusan sel yang dikenal dengan “pulau langerhans.” Sel ini berfungsi untuk menghasilkan hormon insulin untuk mengatur dan menekan gula dalam darah. 

Selain menghasilkan hormon insulin, sel ini juga memproduksi hormon glukagon yang bekerja untuk meningkatkan glukosa dalam darah.

Penyebab Gangguan Sistem Endokrin

Tahukah penyebab umum dari gangguan kelenjar endokrin adalah pola hidup yang tidak sehat. Pola hidup ini bisa muncul dari pola makan, kebiasaan tidur, atau kurangnya olahraga. Adapun klasifikasi dari penyebab gangguan endokrin:

  1. Penyakit endokrin karena sistem kelenjar, dimana produksi hormon yang terlalu berlebihan atau sedikit sehingga berdampak pada ketidakseimbangan yang memicu adanya gangguan atau penyakit.
  2. Penyakit endokrin oleh berkembangnya lesi, seperti munculnya tumor pada tubuh yang berdampak pada intensitas produksi kadar hormon.

Adapun faktor pemicu lainnya yang mampu mempengaruhi sistem endokrin:  

  1. Kadar kolesterol pada tubuh yang meningkat.
  2. Faktor keturunan yaitu adanya riwayat penyakit yang sama pada anggota keluarga.
  3. Adanya riwayat gangguan kekebalan tubuh, seperti penyakit autoimun.
  4. Seorang ibu yang hamil dengan kasus hipotiroid (gangguan yang disebabkan karena kekurangan hormon tiroid sehingga metabolisme pada anak akan melambat).    
  5. Keadaan trauma, infeksi, atau cedera yang dialami seseorang.

Gejala Gangguan Sistem Endokrin

Sobat Pintar tentunya kita harus peduli dengan tubuh kita sendiri, dengan memahami gejala dari penyakit endokrin menjadi salah satu upaya antisipasi yang terbaik. Yuk kenali gejalanya:

  1.  Peningkatan rasa haus serta seringnya buang air kecil.
  2.  Kesulitan untuk tidur.
  3. Mudah untuk terangsang marah.
  4.  Mudah lelah saat beraktivitas yang berlebihan.
  5. Adanya pembengkakan pada tangan dan kaki.
  6. Perubahan bentuk tulang, seperti rahang yang menonjol.
  7. Keringat dan bau badan.

Pengobatan Gangguan Sistem Endokrin

Bagi Sobat Pintar yang merasakan gejala diatas, segeralah melakukan konsultasi ke dokter karena gejala yang dikeluhkan terkadang sama persis dengan gejala penyakit lain selain gangguan endokrin. Berikut langkah-langkah pengobatannya:

1. Mengidentifikasi Apakah Memiliki Riwayat Penyakit atau Tidak

Riwayat kesehatan keluarga akan dilihat dalam hal ini karena penyakit kebanyakan berasal dari faktor keturunan.

Kemudian, dokter akan memintamu untuk memberitahu gejala apa saja yang dirasakan, seperti perubahan fisik perubahan keluarnya cairan dalam tubuh, perubahan tumbuh kembang, serta perubahan sistem reproduksi dan seksual.

2. Melakukan Pemeriksaan Fisik

Pemeriksaan ini dapat dilakukan pada kelenjar endokrin yaitu pada kelenjar tiroid dan kelenjar testis.

3. Melalui Pemeriksaan Diagnostik

Pemeriksaan ini dilakukan melalui uji laboratorium. Adapun cara yang dilakukan yaitu CT Scan otak, tes urine, scanning tiroid, dan RAI.

Penyakit Sistem Endokrin

Seluruh gejala gangguan endokrin ini bisa berbeda pada setiap orang ada yang ringan atau berat. Adapun jenis penyakit sistem endokrin yang umum dirasakan masyarakat:

1. Diabetes Melitus

Disebabkan oleh pankreas yang tidak mampu memproduksi terjadi ketika hormon insulin yang dibutuhkan tubuh atau keadaan dimana tubuh tidak menyerap insulin dengan optimal.

2. Gangguan pada Kelenjar Tiroid

Gangguan ini dapat memicu penyakit hipertiroid dan hipotiroid. Hipertiroid adalah suatu keadaan peningkatan kelenjar tiroid sehingga laju produksi hormon semakin naik.

Lalu, terdapat hipotiroid pula yang merupakan kondisi tiroid yang tidak mampu memproduksi tiroid secara optimal sehingga yang dihasilkan sedikit.

Perlukah Pergi Ke Dokter?

pengobatan gangguan sistem endokrin

Seringkali gangguan endokrin sulit untuk diidentifikasi karena akan menjadi berbahaya jika tidak segera diatasi. Oleh karena itu, Sobat Pintar dapat mencari mencari bantuan medis dan segera periksakan diri agar masalah cepat teratasi.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter-dokter di aplikasi Smart RSCM  karena seluruh dokternya berasal dari RSCM!

Smart RSCM selalu hadir untuk memudahkan kamu dalam mengatasi segala gejala dan keluhan!

Jadi mau tunggu apalagi? Yuk, segera download aplikasinya yang sudah tersedia di Google Play Store maupun Apple App Store.  

(Maria Angeli Adind)

Referensi:

Modul Praktik Klinik KMB I. Stikes Kusuma Husada Surakarta. Anatomi Fisiologi Sistem Endokrin. Diakses pada 2022 

Buku Keperawatan. CV Budi Utama. Asuhan Keperawatan Sistem Endokrin. Diakses pada 2022