Skip to content
Home » Penyakit Ginjal: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati

Penyakit Ginjal: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati

penyakit ginjal

Penyakit ginjal merupakan penyakit yang tidak bisa disepelekan karena bisa mengancam jiwa.

Ginjal merupakan organ yang berfungsi untuk mengeluarkan menyeimbangkan cairan tubuh, sisa-sisa produk dari tubuh, memproduksi sel darah merah, mengaktifkan vitamin D untuk kesehatan tulang, dan mengatur serta menyaring darah.

Berdasarkan fungsi ginjal di atas, akibat yang dihasilkan dari penyakit ginjal bisa mengakibatkan berbagai komplikasi penyakit lain seperti berbagai penyakit tulang karena fungsi ginjal sebagai pengaktifan vitamin D.

Apa Itu Penyakit Ginjal?

Penyakit ginjal adalah salah satu kondisi medis yang menggambarkan segala gangguan yang menyerang ginjal.

Ginjal memiliki bentuk seperti kacang merah dan tiap manusia memiliki 2 buah ginjal yang besarnya kurang lebih sebesar sekepalan tangan. Organ ginjal ini berada tepat di bawah tulang rusuk manusia.

6 Macam Penyakit Ginjal

Berikut ini merupakan 6 macam penyakit ginjal yang sering terjadi:

  • Ginjal Akut

Kondisi ini adalah sebuah kondisi dimana ginjal tiba-tiba berhenti berfungsi. Orang dengan penyakit hati yang parah atau gagal hati biasanya juga menderita penyakit ini.

  • Ginjal Kronis

Ginjal kronis merupakan sebuah kondisi dimana ginjal tidak berfungsi sebagaimana mestinya lebih dari tiga bulan lamanya. Pada stadium awal, kamu tidak akan memperlihatkan gejala yang signifikan.

  • Batu Ginjal

Renal calculi atau batu ginjal adalah endapan padat dari mineral dan garam yang terbentuk di ginjal. Akibat dari batu ginjal adalah kamu akan merasakan sakit yang sangat mengganggu ketika buang air kecil.

  • Infeksi Ginjal

Jika kamu menderita cystitis atau infeksi saluran kemih, kemungkinan besar kamu akan menderita infeksi ginjal. Jika infeksi ginjal tidak segera ditangani, kondisi ginjal akan memburuk dan bisa berakibat kerusakan ginjal permanen.

  • Kanker Ginjal

Kanker ginjal adalah suatu kondisi dimana terjadi pertumbuhan sel secara tidak wajar pada ginjal. Pada tahap awal kanker ginjal, biasanya penderita tidak memperlihatkan gejala, sehingga diperlukan tes untuk mengetahui lebih lanjut.

  • Gagal Ginjal

Jika salah satu atau kedua ginjal berhenti berfungsi atau tidak dapat berfungsi sesuai fungsinya, maka kondisi yang kamu alami disebut dengan gagal ginjal.

Jika ginjal hanya dapat berfungsi kurang dari 90%, maka kamu bisa dikategorikan menderita gagal ginjal

Penyebab Penyakit Ginjal

Banyak faktor yang dapat terjadi pada penyakit ini. Umumnya, penyakit ginjal disebabkan oleh diabetes dan hipertensi (tekanan darah tinggi). Oleh karena itu, orang yang menderita diabetes dan hipertensi lebih rentan menderita.

Selain karena diabetes dan hipertensi, penyebabnya pun bervariasi tergantung jenis penyakit ginjal yang diderita seseorang.

Penyakit ginjal akut disebabkan oleh luka traumatis yang disertai pendarahan (misalnya kecelakaan), dehidrasi, pembesaran prostat, konsumsi obat-obatan atau toksin yang merusak ginjal, komplikasi ketika hamil seperti preeklamsia, dan penyakit autoimun.

Berbeda dengan sakit ginjal akut, ginjal kronis disebabkan oleh penyakit lupus, HIV dan AIDS, hepatitis B dan C, dan ginjal polikistik.

Batu ginjal disebabkan oleh terlalu sedikit minum air putih, olahraga yang terlalu sedikit atau terlalu berlebihan, obesitas, operasi penurunan berat badan, atau konsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung garam dan gula.

Pada kanker ginjal, penyebabnya hampir mirip dengan penyebab penyakit ginjal lainnya seperti karena obesitas, faktor keturunan, dan juga karena hipertensi.

Penyebab yang berbeda dari penyakit ginjal lainnya adalah kanker ginjal bisa disebabkan karena merokok dan cuci darah dalam jangka panjang.

Untuk gagal ginjal, selain memiliki persamaan penyebab seperti gangguan ginjal lainnya, biasanya penderita gagal ginjal sebelumnya juga memiliki riwayat penyakit ginjal seperti batu ginjal.

Gejala Penyakit Ginjal

Gejala dari sakit ginjal dapat bervariasi tergantung dari apa yang kamu derita. Berikut merupakan ciri-ciri dan gejala penyakit ginjal secara umum:

  • mual dan muntah,
  • pembengkakan pada pergelangan kaki dan area mata,
  • kram otot terutama pada kaki,
  • sulit tidur,
  • mengalami penurunan berat badan tanpa alasan yang jelas (misalnya berat badan tetap turun walaupun tidak diet dan tidak rutin berolahraga),
  • tidak nafsu makan,
  • intensitas buang air kecil meningkat, dan
  • sangat mudah lelah.

Pengobatan Untuk yang Sakit Ginjal

Terdapat 4 cara mengobati penyakit ginjal, antara lain:

  • Transplantasi Ginjal

Jika kondisi ginjalmu sudah dalam tingkat parah, transplantasi ginjal mungkin bisa dijadikan salah satu pilihan untuk mengatasinya.

Ginjal yang “cocok” bisa berasal dari keluarga, dari orang lain yang tidak ada hubungan keluarga, dan juga bisa dari pendonor ginjal yang baru-baru saja meninggal dunia.

Setelah transplantasi ginjal sukses, kamu mungkin akan diminta untuk mengonsumsi obat-obatan tertentu agar tubuhmu dapat beradaptasi dengan ginjal transplantasi tersebut.

  • Cuci Darah

Jika kamu sudah melakukan prosedur transplantasi ginjal, itu artinya kamu tidak memerlukan cuci darah. Namun, jika kamu tidak mendapatkan donor ginjal, maka kemungkinan kamu akan melakukan cuci darah atau dialisis.

  • Konsumsi Obat-obatan Tertentu

Tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyebab paling umum dari penyakit ginjal. Oleh sebab itu, dokter mungkin akan meresepkan obat yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi untuk mengobati penyakit ginjal yang kamu derita.

Obat-obatan yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi antara lain: captopril, enalapril, fonsinopril, azilsartan, eprosartan, dan lain-lain.

  • Mengubah Pola Hidup ke Lebih Sehat

Cara mengobati sakit ginjal yang satu ini bisa dibilang merupakan pengobatan paling “murah” diantara yang lainnya, yaitu dengan mengubah gaya hidup ke yang lebih sehat.

Misalnya dengan olahraga yang cukup serta teratur, mengonsumsi makanan yang baik untuk ginjal dengan gizi seimbang, menghindari makanan tinggi gula dan garam yang bisa merusak ginjal, berhenti merokok, dan menghindari konsumsi alkohol.

Kapan Harus ke Dokter?

Karena sebagian besar penyakit ginjal pada tahap awal tidak menunjukkan gejala secara gamblang, maka kamu perlu melakukan cek kesehatan rutin sebelum terlambat.

Jangan khawatir, sekarang telah tersedia aplikasi konsultasi dokter SmartRSCM yang akan menghubungkanmu dengan dokter-dokter berkredibilitas tinggi RSCM!

Nikmati konsultasi kesehatan di mana saja dan kapan saja bersama dokter handal RSCM dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan konsultasi langsung ke rumah sakit!

Aplikasi SmartRSCM bisa kamu download di Google Play Store atau Apple App Store.

#YukPercayakanKesehatanmu pada SmartRSCM!

(Alula Sakinah)

Ditinjau oleh:

Referensi

P2PTM Kemenkes. Diakses pada 2022. Apa saja Fungsi Ginjal?
Web MD. Diakses pada 2022. Kidney Disease.
National Kidney Foundation. Diakses pada 2022. Kidney Stones.
NHS UK. Diakses pada 2022. Kidney Cancer.
NHS UK. Diakses pada 2022. Kidney Infection.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Kidney Stones.