Skip to content
Home » Gagal Ginjal: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Gagal Ginjal: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

gagal ginjal

Gagal ginjal, sesuai namanya, memiliki arti bahwa salah satu atau kedua ginjal tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Saat ini, publik sedang dihebohkan dengan kasus gagal ginjal misterius yang menyerang anak di Indonesia. Hingga 21 Oktober 2022, terdapat 241 kasus gagal ginjal misterius yang menyerang anak dengan rentang usia 1-18 tahun dengan jumlah kematian 133 jiwa.

Penyebab gagal ginjal misterius pada anak tersebut diduga berasal dari obat sirup yang memiliki kandungan etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG) yang melebihi ambang batas.

BPOM RI mengatakan bahwa, “Obat sirup yang tercemar EG dan DEG kemungkinan berasal dari 4 bahan tambahan obat sirup yang sebenarnya tidak berbahaya, yaitu polietilen glikol, propilen glikol, gliserin/gliserol, dan sorbitol.”

Namun, BPOM menambahkan bahwa penyebab pasti dari gagal ginjal misterius pada anak bukan hanya karena konsumsi obat yang mengandung cemaran EG dan DEG saja, tetapi juga berasal dari faktor risiko lain yang menyebabkan penyakit tersebut.

Sobat Pintar, mari simak pembahasan mengenai gagal ginjal di bawah ini!

Pengertian Gagal Ginjal

Penyakit Gagal Ginjal

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, gagal ginjal adalah sebuah kondisi dimana salah satu atau kedua ginjal mengalami disfungsi. Jika kamu menderita penyakit ini, sebesar 85-90% ginjalmu tidak berfungsi.

Ginjal berfungsi untuk memfilter memyaring darah dan menyingkirkan racun dalam tubuh. Racun tersebut masuk ke kandung kemih dan akan dikeluarkan ketika kamu buang air kecil.

Dengan kata lain, jika kamu menderita penyakit ini maka ginjalmu tidak bisa melakukan hal tersebut dan racun terperangkap di dalam tubuh.

Lima Tahapan pada Gagal Ginjal

Penyakit gagal ginjal memiliki lima tahapan atau stadium, antara lain:

  • Stadium 1

Pada stadium 1 atau stadium awal, biasanya penderita tidak merasakan gejala spesifik karena fungsi ginjal masih berfungsi sebanyak 90%.

Penyakit ginjal pada stadium 1 dapat diketahui dengan cara melakukan tes urine atau tes darah. 

  • Stadium 2

Sama seperti stadium 1, penderita penyakit ginjal stadium 2 juga tidak memperlihatkan gejala spesifik dan perlu dilakukan tes darah atau tes urine untuk mendeteksinya.

Bedanya, pada stadium 2 fungsi ginjal sudah menurun dan hanya berfungsi sebesar 60-89% dan tekanan darah penderita stadium 2.

  • Stadium 3

penyakit ginjal stadium 3 ditandai dengan masalah kesehatan lain seperti tekanan darah yang tinggi dan penyakit tulang.

Pada tahap stadium 3, fungsi ginjal sudah menurun dan hanya berfungsi sebesar 30-59% saja.

  • Stadium 4

Kondisi kesehatan penderita akan semakin menurun jika sudah di tahap stadium 4. Penderita stadium 4 bisa mengalami tekanan darah tinggi, penyakit tulang, dan juga komplikasi penyakit jantung.

Pada stadium 4, ginjal hanya bisa berfungsi sebesar 15-29% saja sehingga tubuh menyimpan lebih banyak cairan dan racun.

  • Stadium 5

Stadium 5 merupakan tahap paling tinggi dalam penyakit ini. Penderita stadium 5 sudah berada di tahap kritis dan memerlukan transplantasi ginjal atau terapi pengganti ginjal seperti cuci darah (hemodialisis) agar bisa bertahan hidup.

Pada stadium 5, fungsi ginjal hanya berfungsi sebesar kurang dari 15% bahkan bisa benar-benar berhenti berfungsi.

Penyebab Gagal Ginjal

Gagal ginjal, umumnya, disebabkan oleh tekanan darah tinggi dan diabetes. Namun, ada banyak faktor lain yang juga bisa menyebabkannya. Beberapa diantaranya yaitu:

  • keturunan
  • penyakit jantung
  • dehidrasi
  • batu ginjal
  • kanker prostat
  • kanker kandung kemih
  • kanker serviks
  • penyakit lupus
  • konsumsi alkohol dan narkoba.
  • Obat atau herbal yang bersifat toksik untuk ginjal

Gejala Gagal Ginjal

Berikut ini merupakan 10 gejala dan ciri-ciri penderita gagal ginjal, antara lain:

  1. Kelelahan ekstrim
  2. Sering buang air kecil Jumlah dan frekuensi buangbair kecil berkurang
  3. Mual dan muntah
  4. Berat badan menurun
  5. Nafsu makan berkurang drastis
  6. Otot kaku (terutama pada kaki)
  7. Pembengkakan pada tungkai dan kaki atau sendi
  8. Anemia
  9. Kesulitan tidur
  10. Sulit untuk konsentrasi Sesak napas saat beraktivitas

Cara Mengobati Penanganan

Terdapat dua cara dalam pengobatan penanganan penyakit ginjal ini atau terapi pengganti ginjal, yaitu dialisis (cuci darah atau cuci perut) dan transplantasi ginjal.

Pemilihan pengobatan yang paling cocok untuk penderita ditentukan berdasarkan gaya hidup, usia dan masalah kesehatan. Dokter akan merekomendasikan penanganan pengobatan terbaik berdasarkan pertimbangan 3 hal tersebut. tadi untuk mengatasinya.

Selain itu, sebagai bentuk pencegahan, yang perlu diperhatikan adalah kamu harus menjaga pola hidup sehat dengan kamu juga bisa menghindari mengonsumsi makanan yang dapat merusak ginjal seperti makanan tinggi natrium (garam), terlalu banyak mengandung protein, tinggi gula, dan tinggi fosfor.

Garam, gula, protein, dan fosfor memang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, kamu perlu memperhatikan jumlah batas konsumsi harian agar tidak melebihi batas. 

Selain itu, perlu untuk menjaga kebugaran dengan aktivitas fisik (olah raga) yang rutin, kontrol tekanan darah dan gula darah dan mengkonsumsi obat-obatan atas petunjuk dokter.

Kapan Harus ke Dokter?

Karena gejala gagal ginjal hingga stadium 2 tidak memperlihatkan gejala yang spesifik, maka kamu perlu melakukan cek kesehatan rutin jika ada keluhan-keluhan seperti di atas atau memiliki faktor risiko gagal ginjal seperti hipertensi dan diabetes untuk mendeteksi dini adanya komplikasi pada ginjal.  mengalami gejala-gejala umum seperti kelelahan berlebih, sering buang air kecil, hingga sulit tidur.

Sekarang, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter cukup di rumah saja berkat hadirnya aplikasi konsultasi kesehatan SmartRSCM yang merupakan kolaborasi antara SiapDOK dan RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo.

Segera download aplikasinya di Play Store ataupun App Store dan nikmati kemudahan berkonsultasi dengan dokter-dokter top RSCM!

(Alula Sakinah)

Ditinjau oleh: dr. Vinandia Irvianita P, SpPD

Referensi

National Kidney Foundation. Diakses pada 2022. Kidney Failure.
Healthline. Diakses pada 2022. Kidney Failure.
Gleneagles Hospital. Diakses pada 2022. The 5 Stages of Kidney Failure.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Kidney Failure.
Kumparan. Diakses pada 2022. Kasus Gagal Ginjal Misterius.
Detik Health. Diakses pada 2022. Daftar Obat Sirup yang Dilarang BPOM RI, Dimusnahkan Usai Tercemar EG.